Indonesia Dukung Palestina Menjadi Anggota PBB

Presiden Joko Widodo dan PM Palestina Mohammad Shtayyeh
Presiden Joko Widodo dan PM Palestina Mohammad Shtayyeh

 

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukungan Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. Jokowi juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina dapat menjadi anggota penuh di PBB,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Jokowi mengatakan Indonesia dan Palestina merupakan sahabat dekat. Palestina, kata dia, merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Ini merupakan kunjungan resmi yang pertama Yang Mulia Shtayyeh ke Indonesia sebagai perdana menteri. Indonesia dan Palestina adalah sahabat dekat. Palestina adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Indonesia juga secara konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ucapnya.

Menurut Jokowi, dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong. Dia menekankan pentingnya kesatuan di antara bangsa Palestina.

“Dunia saat ini sedang menghadapi tantangan yang luar biasa, dan tantangan lama yaitu penyelesaian masalah Palestina belum juga berhasil diselesaikan secara damai dan adil. Dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong dan saya tekankan pentingnya kesatuan diantara bangsa Palestina,” ujarnya.

Shtayyeh mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas dukungan Indonesia kepada perjuangan kemerdekaan Palestina.

“Kami menyatakan terima kasih yang tinggi kepada yang mulia atas dukungan Indonesia yang tidak pernah berhenti dan tidak terbatas dalam program-program atau upaya-upaya politik untuk menuju kemerdekaan dan mendapatkan keanggotaan penuh di PBB,” kata Shtayyeh. (detik)