Tak Sekadar Fokus Pada Nilai Akademik, Dinas Pendidikan Juga Peduli Pada Peningkatan Kreativitas dan Minat Bakat Siswa

Kadis Pendidikan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar
Kadis Pendidikan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar

MEDAN – Dinas Pendidikan Kota Medan saat ini tidak hanya terfokus pada program peningkatan nilai akademik semata, tapi juga meningkatan kreativitas dan pengembangan minat bakat. Dengan begitu para anak didik lebih cerdas dan semangat dalam meraih prestasi.

Tidak hanya itu, mereka juga lebih terarah dalam melakukan kegiatan dan tampil percaya diri dalam mengikuti sebuah kegiatan positif. Selain itu, dengan terasahnya minat bakat, maka anak akan lebih mudah diarahkan dan semakin inovatif.

Potensi yang ada dalam diri mereka akan semakin kelihatan karena mereka lebih percaya diri menampilkan apa yang digemari. Anak anak juga lebih berani menunjukkan kemampuannya di depan umum. Goaldnya kecerdasan anak lebih meningkat.

“Anak yang kreatif akan lebih termotivasi untuk lebih giat belajar dan berlatih,” ungkap Kadis Pendidikan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar dalam sebuah kegiatan belum lama ini.

Untuk mewujudkan kreativitas dan pengembangan minat bakat anak, tentunya tidak hanya mengandalkan Dinas Pendidikan Kota Medan semata ataupun dari sekolah. Diperlukan dukungan penuh orang tua dan keluarga sebagai orang terdekat dalam memberikan movitasi. Bahkan, para orang tua diminta untuk menghindari bentuk diskriminasi bagi anak. Apakah itu bentuk pelarangan, ejekan dan lainnya.

Hal ini malah mengurangi semangat anak untuk lebih kreatif. Minat bakat anak terpendam. Parahnya lagi anak semakin stres dan semangat belajar menurun. Selain itu, orang tua juga diharapkan tidak menuntut terlalu berlebihan kepada anak, khususnya hal hal yang kurang digemarinya. Situasi itu hanya menutup potensi yang ada pada anak. “Jangan terlalu banyak menuntut. Tuntutlah anak agar tekun pada apa yang iya gemari,” pungkasnya.(red)