Livakovic, Tiga Penyelamatan Gemilang Jadikan Petaka Bagi Samurai Biru

Livakovic
Livakovic

 

MEDAN, kaldera.id – Man of the match di laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022) layak disematkan kepada Dominik Livaković, penjaga gawang Kroasia.

Aksinya dalam menggagalkan tiga eksekutor pinalti Jepang merupakan hal yang luar biasa. Selain itu, penjaga gawang berusia 27 tahun dengan tinggi 186 cm tersebut juga melakukan beberapa kali penyelamatan saat pertandingan waktu normal.

Apa yang dilakukan Livakovic mengulang kesuksesan yang dilakukan seniornya di Timnas Kroasia,Subasic. Subasic melakukan tiga penyelamatan serupa ketika Kroasia berhadapan dengan Denmark di Piala Dunia 2018. Artinya Livakovic mampu menjaga sejarah itu.

Pemain yang kini merumput di Dinamo Zagreb itu bermain maksimal sepanjang perhelatan Piala Dunia. Sebelum laga melawan Jepang, kiper yang dinobatkan empat tahun berturut turut menjadi kiper terbaik Liga Kroasia ini baru kebobolan satu gol saat melawan Kanada. Gol itu merupakan gol tercepat dalam perhelatan Piala Dunia 2022, pertandingan baru berjalan dua menit.

Livakovic sendiri sudah memperkuat timnas Kroasia sejak 2017 lalu. Saat di Rusia dirinya masih menjadi cadangan. Seiring berjalan waktu, putra pasangan Z Livakovic dan M Skoblar itu mendapatkan tempat di Tim utama. Bahkan, kemampuannya juga turut membawa Dinamo Zagreb menjadi juara Liga Kroasia selama lima musim berturut turut dan bermain di Liga Champions Aksi heroiknya akan dinantikan saat Krosia melawan Brazil.(red)