Biar Banjir Cepat Tuntas, Warga Labuhan Harapkan Proyek Kolam Retensi Segera Rampung

Warga Kecamatan Medan Labuhan berharap pengerjaan Danau Laguna sebagai kolam retensi yang dilakukan Pemko Medan rampung tahun ini. Foto: Dinas Kominfo Kota Medan
Warga Kecamatan Medan Labuhan berharap pengerjaan Danau Laguna sebagai kolam retensi yang dilakukan Pemko Medan rampung tahun ini. Foto: Dinas Kominfo Kota Medan

 

MEDAN, kaldera.id – Program pembangunan kolam rentensi yang digagas Walikota Medan, Bobby Afif Nasution di kawasan Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar dan Anggota DPRD Medan. Sebab, program ini dilakukan guna mengatasi persoalan banjir di kawasan tersebut.

Bahkan, warga berharap pengerjaan kolam tersebut segera tuntas agar manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat. Terlebih lagi sejalan dengan pembangunan itu akan dibangun destinasi wisata dan sarana olahraga. Sehingga perekonomian masyarakat di sana bisa lebih meningkat.

“Kita sangat mendukung program Walikota Medan Bobby Afif Nasution menjadikan lokasi kolam menjadi tempat wisata air dan wisata kuliner,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Medan, Haris Kelana Damanik kepada wartawan, Rabu (11/1/2023).

Disampaikan Haris, apresiasi yang sangat tinggi pantas disampaikan kepada Bobby Nasution yang melakukan pembangunan kolam retensi. Dimana sebelumnya tempat tersebut merupakan rawa-rawa yang dipenuhi semak belukar dan ditumbuhi eceng gondok. Namun, saat ini sudah dijadikan kolam bersih tempat wisata air.

“Keberadaan kolam retensi sangat berguna sekali. Selain meminimalisir banjir juga bermanfaat menjadi tempat wisata air,” sebut Haris selaku Wakil Ketua Fraksi Gerindra Kota Medan itu.

Diketahui, pembangunan tahap pertama kolam retensi di Danau Laguna tersebut saat ini sudah selesai. Pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang. Pembangunan tahap kedua kembali dilanjutkan di 2023 ini diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku UMKM.

Camat Medan Labuhan Khairun Nasir menyebutkan, bahwa awal pembangunan kolam retensi ini karena Walikota Medan memprioritaskan penanganan banjir termasuk di wilayah Medan Labuhan. Dengan memanfaatkan Danau Laguna yang dulunya hanya rawa yang dipenuhi eceng gondok.(reza)