Rutin Konsumsi Daun Bangun- bangun, Bantu Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak

Daun Bangun bangun. Foto: kaldera/efri surbakti
Daun Bangun bangun. Foto: kaldera/efri surbakti

 

MEDAN, kaldera.id – Daun Bangun- bangun dinilai memiliki banyak mengandung nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kaum ibu yang sedang menyusui. Sebab, sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu. Daun ini juga bisa mencegah stunting.

Hal ini sudah dirasakan bagi warga Kecamatan Medan Deli, Kota Medan yang telah mengkonsumsi secara rutin daun tersebut. Kondisi inipun dimanfaatkan pihak kecamatan membudidayakan daun tersebut untuk menurunkan angka stunting di kecamatan tersebut.

Daun Bangun – bangun atau dengan nama latinnya Coleus amboinicus Lour itu kini menjadi salah satu koleksi tanaman di Pojok Tanaman Cegah Stunting (Pota Ceting) milik Kecamatan Medan Deli.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 5×40 Meter, Kecamatan Medan Deli berhasil membudidayakan tanaman daun bangun-bangun yang diketahui sangat bermanfaat untuk ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi bayinya.

Amelia, salah seorang warga Kecamatan Medan Deli yang telah merasakan manfaat daun yang juga bisa dijadikan bahan makanan tersebut mengungkapkan, semenjak rutin mengkonsumsi Daun Bangun-bangun produksi ASI nya semakin banyak. Hal ini berimbas terhadap tumbuh kembang anaknya semakin baik.

“Banyak manfaat yang saya rasakan semenjak mengkonsumsi daun bangun-bangun ini, ASI saya semakin bertambah dan anak saya juga semakin sehat. Di usia anak saya yang baru empat bulan beratnya sudah mencapai 7.5 kg,” ungkap Amelia dalam sebuah kesempatan.

Sehari-hari Amelia mengkonsumsi daun ini dengan cara diolah menjadi gulai, cemilan ataupun direbus. Menurutnya produksi ASI nya terus bertambah. Sehingga dirinya tidak lagi perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli susu formula untuk balitanya.

“Semenjak lahiran saya sudah rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun ini hampir setiap hari diolah menjadi berbagai masakan, hasilnya ASI saya terus bertambah terus menerus, saya tidak perlu lagi membeli susu formula untuk balita saya. Jadi membantu ekonomi saya juga.”ungkapnya.

Untuk itu Amelia mengajak ibu-ibu lainya untuk mengkonsumsi daun bangun-bangun karena sangat berdampak baik bagi kesehatan anak.
“Mari kita rutin mengkonsumsi daun tersebut untuk meningkatkan ASI kita. Anak manjadi sehat, aktif dan ceria,” tambahnya.(ali)