Presiden Jokowi Harapkan Terminal Amplas Berikan Kenyamanan Bagi Penumpang

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Terminal Amplas, Medan, Kamis (9/2/2023). Foto: Dinas Kominfo Kota Medan

 

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Wiidodo meresmikan Terminal Amplas, Medan dan Terminal Tanjung Pinggir, Siantar, Kamis (9/2/2023). Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh orang nomor satu di Indonesia itu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Turut hadir Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Dalam arahannya presiden berharap terminal tipe A ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang bus.
Dia juga berharap kedua terminal ini mendorong serta meningkatkan budaya menggunakan transportasi umum seperti bus di kalangan masyarakat.

“Kami berharap, setelah diresmikan, maka kedua terminal sebagai fasilitas publik memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kedua terminal ini harus menyiapkan fasilitas yang baik, bersih dan nyaman bagi penumpang. Artinya berikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk penumpang.

“Berikan pelayanan dan fasilitas terbaik agar penumpang nyaman. Jangan seperti terminal masa lalu yang kotor dan banyak preman. Jika itu masih terjadi, siapa yang akan mau naik bus,” jealsnya.

Presiden menambahkan, kemacetan saat ini tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi hal yang sama terjadi di sejumlah kota besar seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan lainnya. Tentunya ini harus menjadi perhatian bersama. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan dan penggunaan transportasi massal di kota-kota besar seperti bus sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi.

“Sebagai contoh, di Jakarta sudah ada Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Raya Terpadu (LRT). Bahkan tak lama lagi kereta cepat antar kota selesai, seperti Jakarta-Bandung. Mulai sekarang, kita harap kota-kota besar lainnya dapat berpikir ke arah MRT dan LRT dan moda transportasi massal lainnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Medan, Bobby Nasution berharap Terminal Amplas dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan.

“Dengan diresmikannya Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar oleh Bapak Presiden, mudah-mudahan terminal ini dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Medan dalam menggunakan transportasi massal. Silakan masyarakat gunakan terminal kita yang sudah bagus dan nyaman. Mari kita jaga bersama dan tertib demi kenyamanan kita semua,” harapnya.(reza)