Tahun Ini Bobby Siapkan Kuota 5.000 Warga Medan Mudik Gratis ke-12 Kabupaten/Kota

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis
Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis

 

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan akan menyediakan kembali mudik gratis bagi 5.000 warga Medan atau yang bekerja di Medan tujuan 12 kabupaten/kota di Sumatera Utara tahun ini. Program ini rencananya akan dilaksanakan H-3, H-2 dan H-1 Idul Fitri.

Jumlah peserta mudik tahun ini lebih banyak dari tahun lalu yakni, sebanyak 3.500 orang. Sedangkan rute mudik gratis yang disediakan yakni, Medan – Pakpak Bharat, Medan – Sidikalang, Medan – Sibolga, Medan – Sipirok, Medan – Kota Pinang, Medan – Padangsidimpuan, Medan – Tarutung, Medan – Panyabungan, Medan – Natal, Medan – Rantauprapat, Medan – Sibuhuan, dan Medan – Gunung Tua.

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution melalui Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis mengatakan, program ini merupakan komitmen Walikota Medan yang sangat peduli terhadap masyarakat Kota Medan maupun yang beraktifitas di Kota Medan.

“Rencananya 5.000 orang akan kami berangkatkan ke-12 kabupaten/kota tersebut. Berapa orang per kota tujuan belum kita tentukan saat ini. Tergantung dari banyaknya permintaan ke masing-masing tujuan. Yang pasti kita batasi maksimal 5.000 orang ke 12 kabupaten/kota itu,” jelasnya, Kamis (16/2/2023).

Dia menambahkan, para pemudik nantinya akan difalisitasi takjil dan makan sahur selama di perjalanan. Selain itu, akan diberikan seragam untuk kenang kenangan. Untuk itu dirinya mengimbau masyaraka Kota Medan segera mendaftarkan diri. Pasalnya, kuota yang disediakan hanya 5.000 orang dan loket pendaftaran akan segera dibuka mulai awal Maret 2023.

“Loket pendaftaran dibuka di beberapa titik seperti, Kantor Dishub Kota Medan (Jalan Pinang Baris), Pos Dishub Medan di Taman Ahmad Yani (Jalan Imam Bonjol), dan pada UPT Dishub Medan di Terminal Amplas (Jalan Panglima Denai). Waktu pendaftaran kami jadwalkan mulai awal Maret 2023,” tambahnya.

Selain mendaftar langsung di tiga lokasi itu, pihaknya juga akan membuka pendaftaran secara online. “Untuk tanggal, tempat pendaftaran ataupun link pendaftarannya, segera akan kita umumkan dalam waktu dekat,” pungkasnya.(reza)