Capaian Target Imunisasi Polio Masih Jauh, Dinas Kesehatan dan Camat Harus Berkolaborasi

0
120
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Afif Nasution meminta Kepala Dinas Kesehatan dan para camat untuk berkolaborasi dalam memenuhi target capaian imunisasi polio di Kota Medan.

Saat ini capaian vaksin polio baru 57,55 persen dari target 96%. Penekanan ini disampaikan Bobby saat memimpin Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Kegiatan 2023 secara zoom meeting dari Command Center Balai Kota Medan, Rabu (22/2/2023).

Bobby mengungkapkan, imunisasi polio merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi tubuh anak dari penyakit polio. Sebab, polio termasuk penyakit berbahaya dan dapat dialami siapa saja, terutama balita.

Penyebaran virus ini umumnya terjadi melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi virus polio atau kontak langsung dengan tinja penderita polio. Maka dari itu, menantu Presiden Joko Widodo ini minta kepada masyarakat Kota Medan agar segera membawa anak untuk mendapatkan vaksin polio.

“Saya meminta kepada Dinas Kesehatan dan Kecamatan agar dapat bersinergi untuk mencapai target vaksin polio ini. Yang tidak mau divaksin di puskesmas dapat langsung ke dokter
ya masing-masing. Saya berharap imunisasi polio ini dilakukan secara tepat dan cakupannya merata di Kota Medan,” tegasnya.

Dalam zoom meeting tersebut, Bobby Nasution juga mengingatkan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Medan masih memiliki PR, terkait penataan median jalan, trotoar dan tanaman yang berada di trotoar. Dikatakannya, penataan yang dilakukan harus benar-benar baik dan sesuai standar kelayakan.

Dirinya juga meminta Kadishub menertibkan bus yang menaikkan dan menurunkan penumpang di luar Terminal Tipe A Amplas. Sebab, terminal itu sudah dibangun dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang. (reza)