MEDAN, kaldera.id – Bukanlah sebuah rahasia kalau banyak dari kita yang merasa pusing dengan banyaknya tugas kuliah. Berikut tips manajemen waktu agar tak pusing dengan tugas kuliah.
Karena banyaknya tugas kuliah juga bisa mengakibatkan stres hingga jatuh sakit.
Maka dari itu, diperlukan manajemen waktu yang baik sehingga tugas yang diberikan oleh dosen dapat dikerjakan tepat waktu, dengan hasil maksimal, tanpa merasa terbebani.
1. Mencatat Semua Deadline
Dengan mencatat kapan tenggat waktu tugas berakhir akan memudahkanmu untuk bisa mengingat serta memperkirakan kapan tugas tersebut harus dikerjakan.
Acapkali kita sering lupa atau terkadang kaget setelah mengetahui bahwa tugas tersebut harus dikumpulkan esok hari.
Padahal sejatinya seminggu yang lalu kamu bisa mulai mengerjakannya.
2. Membagi-bagi Tugas serta Selesaikan Dari yang Mudah
Setelah kamu mencatat semua deadline tugas, langkah selanjutnya ialah, mengelompokan tugas-tugas tersebut.
Mulai dari yang paling lama tenggat waktunya qmaupun dari tingkat kesulitannya.
Cara ini akan memudahkanmu untuk tahu tugas mana yang harus diprioritaskan.
3. Cobalah Menghindari Gangguan dan Tetap Fokus
Musuh terbesar saat mengerjakan tugas salah satunya ialah adanya distraksi di sekeliling kita seperti media sosial ataupun suasana lingkungan yang kurang mendukung.
Lantas, untuk menguranginya kamu bisa dengan menggunakan kamar atau ruangan yang minim gangguan.
4. Istirahat Cukup Juga Perlu lho!
Penting untuk selalu menjaga kesehatan agar kamu tetap bisa produktif mengerjakan tugas kuliah.
Cobalah untuk berolahraga secara teratur serta menjaga pola makan supaya kamu memiliki energi yang cukup.
Jangan lupa juga untuk istirahat. Tidur yang cukup akan membantumu lebih fokus dan menurunkan tingkat stres.
Demikian tips manajemen waktu yang bisa kamu terapkan.Banyaknya tugas dan aktivitas yang padat jangan sampai membuat kamu merasa stres. (mtro)