Ribuan Masyarakat Kota Medan Ikuti Shalat Ied di Taman Cadika

Gubsu Edy Rahmayadi bersama Walikota Medan, Bobby Nasution saat Shalat Ied di Taman Cadika, Medan, Sabtu (22/4/2023)
Gubsu Edy Rahmayadi bersama Walikota Medan, Bobby Nasution saat Shalat Ied di Taman Cadika, Medan, Sabtu (22/4/2023)

 

MEDAN, kaldera.id – Ribuan masyarakat Kota Medan melaksanakan Shalat Ied di Taman Cadika, Kecamatan Medan Johor, Sabtu (22/4/2023). Kegiatan ini berjalan khidmat dan lancar. Bertindak sebagai Khatib Al Ustad Ahmad Muzani Al Fadani, dan sebagai Imam Ilham Efendi.

Pantauaj di lokasi, masyarakat sudah memadati lapangan sejak pukul 06:30 Wib disambut dengan Gema Takbir. Terlihat Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu.

Hadir juga Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, unsur Forkopimda Sumut dan unsur Forkopimda Medan, Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, dan lainnya.

Dalam khutbahnya, Ustad Ahmad Muzani mengatakan, Ramadan telah mendidik dan mengajarkan kepada kita banyak hal, tentunya ini kelak menjadikan kita pribadi yang bertakwa dan akan menghasilkan efek yang sangat kuat bukan hanya pada diri sendiri tetapi juga kepada orang lain bahkan kepada alam semesta.

“Jika pelajaran di Ramadan ini bisa terus kita pupuk dan kita aplikasikan dalam kehidupan setelah Ramadan, maka bisa dipastikan akan tumbuh kedamaian dan persaudaraan yang kokoh diantara kita. Sebab, sekaya apapun seseorang, semakmur apapun suatu bangsa dan semaju apapun suatu lingkungan kalau kita saling mengancam, saling dendam yakinlah bahwa kita tidak akan pernah mendapatkan kebahagiaan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, terkadang sedikit perbedaan yang terjadi diantara umat manusia membuat mudah mengkafirkan. Membuat mudah menyesatkan umat islam lainnya. “Kita terkadang mudah mengklaim neraka kepada saudara kita. Bukankah Rasulullah SAW pernah bersabda, Perbedaan diantara ummatku adalah sebuah rahmat,” jelasnya.

Untuk itu dirinya mengajak untuk terus mengimplementasi makna hakiki dari ibadah puasa di kehidupan sehari-hari. Sehingga mampu memperkuat persaudaraan.

Walikota Medan, Bobby Nasution usai melaksanakan Shalat Ied mengungkapkan, Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini adalah momentum untuk saling bermaaf-maafan. Oleh karena itu di hari yang suci ini dirinya memohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat kota Medan.

“Mari kita saling memaafkan. Manfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi dan tetap menjaga kesehatan serta keamanan kita selama berhari raya,” katanya.

Sedangkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap semoga di lebaran ini Allah SWT terus memberikan yang terbaik untuk semua, khususnya untuk keakraban dan bersatunya seluruh masyarakat Sumut.(reza)