Cara Pengembalian Barang Shopee Via J&T, Kamu Yang Hobi Belanja Online Wajib Tau

0
106
Cara pengembalian barang Shopee via J&T wajib diketahui untuk Anda yang sering belanja online. Cara ini dapat digunakan ketika Anda membeli barang namun tidak sesuai dengan keinginan.
Cara pengembalian barang Shopee via J&T wajib diketahui untuk Anda yang sering belanja online. Cara ini dapat digunakan ketika Anda membeli barang namun tidak sesuai dengan keinginan.

 

MEDAN, kaldera.id – Cara pengembalian barang Shopee via J&T wajib diketahui untuk Anda yang sering belanja online. Cara ini dapat digunakan ketika Anda membeli barang namun tidak sesuai dengan keinginan. Pengembalian barang dapat dilakukan selama pesanan memenuhi persyaratan tertentu dan harus dalam masa garansi Shopee.

Pengembalian barang Shopee bisa dilakukan apabila produk yang diterima rusak, produk tidak berfungsi dengan baik, produk tidak lengkap/hilang, produk salah atau produk imitasi/tidak asli. Jika Anda menerima barang dengan kondisi tersebut, maka pembeli berhak mengembalikan barang selama belum menekan tombol ‘Pesanan Diterima’.

Cara pengembalian barang Shopee bisa dilakukan secara mudah dengan beberapa opsi. Salah satunya dengan mengembalikan barang yang tidak sesuai melalui J&T Express. Seperti diketahui, J&T Express menjadi salah satu ekspedisi kurir yang bekerja sama dengan Shopee.

Lalu, bagaimana cara pengembalian barang shopee via J&T yang mudah? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Pengembalian Barang Shopee Melalui J&T
Mengutip dari help.shopee.co.id, cara mengembalikan barang Shopee via J&T dapat dilakukan menggunakan opsi Pengiriman dalam kurun waktu 5 hari sejak permohonan pengajuan pengembalian barang disetujui.

Namun perlu diingat, apabila Anda hendak mengembalikan barang melalui J&T, pastikan berat dan dimensi paket tidak melebihi batas 50 kg. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

1. Buka Aplikasi Shopee
Buka aplikasi Shopee melalui smartphone atau situs, lalu pilih menu “Saya” dan buka riwayat pembelian, lalu klik menu “Dikirim”.

2. Ajukan Pengembalian
Pada riwayat pesanan, hal yang selanjutnya dilakukan adalah pilih pesanan yang ingin dikembalikan, kemudian pilih “Ajukan Pengembalian”. Jangan lupa untuk memberi alasan pengembalian yang sesuai serta isi deskripsi dan unggah foto bukti pendukung, lalu klik “Kirim”.
Selanjutnya: Pilih jasa kirim

3. Pilih Jasa Kirim J&T Ekspress
Jika pengajuan pengembalian barang disetujui, selanjutnya Anda bisa memilih pengembalian barang dengan jasa kirim J&T Ekspress. Untuk mendapatkan label pengiriman, Anda bisa pilih “Label Download” atau “Email saya” untuk mendapatkan label pengembalian.

4. Kemas Barang
Setelah mendapatkan label pengembalian barang, Anda bisa langsung mengemas barang yang ingin dikembalikan dengan aman. Jangan lupa untuk tempelkan label pengembalian yang telah diunduh dan dicetak pada paket yang akan dikembalikan.

5. Antar Paket ke Kantor J&T Terdekat
Jika barang sudah dikemas, Anda bisa langsung antar paket pengembalian barang ke kantor J&T terdekat. Serahkan paket tersebut kemudian tunggu petugas admin J&T memberikan nomor resi kepada Anda.
6. Unggah Bukti Pengembalian Barang
Setelah barang diserahkan ke J&T, Anda bisa langsung unggah informasi bukti pengembalian barang di aplikasi Shopee dengan cara klik tombol “Masukan Bukti Pengiriman”. Nantinya Anda bisa memasukan bukti seperti nomor resi, dokumen pengiriman hingga kwitansi.

7. Selesai
Pengembalian barang Shopee via J&T akan segera diproses dan akan diteruskan ke penjual atau pihak Shopee.

Perlu dicatat, setelah paket dikirim, proses pengajuan permintaan pengembalian barang akan diproses dalam kurun waktu 7 (tujuh) hari kerja. Anda juga akan diinformasikan mengenai hasil pengajuan tersebut melalui notifikasi pada aplikasi Shopee dan email yang terdaftar.

Sementara itu untuk Produk Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di gudang Shopee. Sedangkan produk Non-Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari sejak penginputan resi atau maksimal dua hari sejak status pengiriman terkirim. (tempo)