BSI Diminta Tingkatkan Keamanan IT Security Agar Setara Dengan Pt Bank Mandiri

PT Bank Syariah Indonesia (Persero)
PT Bank Syariah Indonesia (Persero)

 

MEDAN, kaldera.id – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meminta keamanan teknologi informasi atau IT security BSI atau PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk ditingkatkan setara dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

“Kita minta supaya IT security di BSI ini dinaikkan kualitasnya setara dengan Mandiri. Mungkin butuh waktu ada jangka pendek dan jangka panjang, mungkin perkiraan 3 bulan, 6 bulan, setahun,” kata Tiko, sapaan dia, di Senayan, Jakarta pada Senin, 5 Juni 2023.

Hal tersebut agar kejadian serangan siber ke BSI pada awal Mei 2023 tidak kembali terulang. Seperti yang diketahui, serangan tersebut membuat layanan BSI error selama beberapa hari.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan peremajaan manajemen melalui pengangkatan direktur baru, yaitu Direktur IT Saladin D. Effendi dan Direktur Risk Management Grandhis Helmi H.

Mereka berdua sebelumnya bekerja di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Saladin menjabat sebagai Chief Information and Security Officer dan Grandhis sebagai Group Head Commercial Risk 1.

Selain itu, Tiko mengatakan akan ada mobile banking BSI baru. Dia juga meminta kualitas mobile banking tersebut bisa setara dengan Mandiri.

Lebih lanjut, Tiko memastikan BSI akan menaikkan Capex (capital expenditure) atau belanja modal. “Pasti, pasti (menaikkan Capex). Lagi dihitung,” ujar dia. (tempo)