Lasro Simbolon Dinilai Sosok Tepat Pj Gubsu

Lasro Simbolon
Lasro Simbolon

 

MEDAN, kaldera.id – Akademisi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Yusrita meminta Menteri Dalam Negeri memikirkan sosok yang tepat sebelum ditetapkan Presiden Joko Widodo mengisi jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara. Mengingat jabatan Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut berakhir 5 September 2023 nanti.

Menurut Yusrita, sosok yang tepat adalah orang yang paham tentang kondisi Sumut dan yang tidak pernah bersinggungan dengan tarikan kepentingan politik di daerah ini. Baginya yang tepat yakni, Lasro Simbolon. Hal ini disampaikannya kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

‘’Dengan masa tugas yang panjang itu, figur Pj Gubsu harus dapat menjaga kondusifitas dan keberlangsungan pembangunan Sumut sampai dilantiknya Gubsu defenitif hasil Pilgubsu November 2024 mendatang,’’ kata Dosen Fakultas Ekonomi tersebut.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan itu juga mengatakan, Lasro Simbolon memiliki kapasitas yang mumpuni dipemerintahan. Selain itu, memiliki pengalaman dan jaringan yang luas serta berwawasan global. ‘Lasro Simbolon diyakini tidak pernah bersinggungan dengan tarikan kepentingan politik Sumut. Sehingga beliau mampu tegak lurus dalam tugasnya,’’ katanya.

Dia menambahkan, Lasro merupakan putra Sumut yang berhasil meniti karir birokrasi sampai puncak, yakni Eselon 1 A (Deputi BP2MI) dan golongan ASN tertinggi IV/E. Lasro juga memiliki pengalaman luas, jaringan dan wawasan global karena berkarir panjang. Termasuk pernah menjadi diplomat di berbagai negara dan organisasi internasional seperti di Australia, Austria, Jenewa (Swiss), Belanda, dan Wakil Dubes RI di Moskow Rusia. Kemudian memiliki pengalaman diplomasi multilateral di PBB dan organisasi internasional.

“Dia (Lasro Simbolon) juga memiliki pemahaman atas potensi, tantangan dan kekuatan Sumut. Dia juga dikenal selalu dekat dan berkolaborasi dengan para Gubsu dan Wagubsu sebelumnya. Beliau juga gigih dan konsisten mempromosikan ekspor, pariwisata dan investasi di Sumut ke mancanegara bersama para pimpinan daerah dan dunia usaha,’’ tambahnya.(red)