Mantan Pangdam I/BB Hassanudin jadi Pj Gubsu

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Mantan Pangdam I/BB Hassanuddin jadi Pj Gubsu

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Widodo tak mau berkomentar soal 10 nama penjabat gubernur yang disebut-sebut sudah ditetapkan.

Ia meminta agar pertanyaan tersebut ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. “Ya nanti tanya ke Mendagri,” kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat (1/9/2023)

Seperti diketahui, ada 10 gubernur definitif yang masa jabatannya akan berakhir pada Selasa (5/9/2023) dan akan digantikan oleh penjabat gubernur.

Dikutip dari Harian Kompas, dalam rapat Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Jokowi dan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, telah diputuskan 10 nama penjabat gubernur daerah.

Ke-10 nama penjabat gubernur itu adalah Bey T Machmuddin untuk Jawa Barat, Nana Sudjana (JawaTengah), Hassanudin (Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ridwan Rumasukun (Papua).

Kemudian, Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat), Harrison Azroi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Sulawesi Selatan).

Menurut rencana, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo akan melantik 10 penjabat gubernur itu di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa pekan depan.

Adapun posisi gubernur akan diisi oleh penjabat hingga ada gubernur definitif hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. (kompas)