Penanganan TB Harus Dilakukan Secara Masif, Dewan Minta Jajaran Dinas Kesehatan Gerak Cepat

T Edriansyah Rendy
T Edriansyah Rendy

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi 2 DPRD Kota Medan, T Edriansyah Rendy meminta Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan lebih serius dalam menekan angka penderita TB di Medan.

Sebab, berdasarkan keterangan yang disampaikan perwakilan Kemenkes saat bertemu dengan Walikota Medan, Bobby Nasution, sepertiga penderita TB di Sumut adalah orang Medan.

Walikota Medan, Bobby Nasution sendiri dalam pertemuan itu mengatakan akan berupaya melakukan percepatan penanganan tingginya angka penyakit TB.

“Kita minta Dinkes agar mendukung langkah Walikota Medan dalam melakukan percepatan penanganan TB dengan melakukan upaya-upaya yang lebih serius,” ucap Rendy kepada wartawan, Jumat (27/10/2023).

Politisi NasDem itu menuturkan, upaya pemberantasan TB di Kota Medan harus dilakukan secara masif. Menurutnya, pemberantasan dimulai dari langkah pencegahan terlebih dahulu. Sebab, bila tidak dicegah dengan baik, maka penularan TB di Kota Medan bisa semakin tinggi dan semakin sulit untuk diatasi.

“TB inikan penyakit yang cukup mudah untuk menular. Maka, langkah pencegahan itulah yang paling penting. Sosialisasi kepada mereka yang sudah tertular dan yang belum tertular harus terus dilakulan agar masing-masing bisa saling menjaga,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Rendy juga meminta perangkat di kewilayahan, mulai dari kecamatan, kelurahan hingga lingkungan untuk membantu Dinkes Medan dalam menyiapkan Data By Name By Address.

“Sebab dari data itulah nantinya Dinkes Medan akan melakukan pemetaan dan upaya pencegahan yang lebih luas,” katanya.

Dia menambahkan, warga yang terkena penyakit TB juga harus terus diperhatikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta meminum obatnya secara teratur.

“TB bisa disembuhkan. Butuh perhatian dari kita semua agar kasus TB dapat ditekan semaksimal mungkin. InsyaAllah tingginya angka TB di Kota Medan dapat teratasi,” pungkasnya.(reza)