5 Tips Sehat Saat Liburan

0
65
Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bahkan sebagian orang sudah siap sedia dengan rencana liburan akhir tahun bersama orang-orang terkasih.
Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bahkan sebagian orang sudah siap sedia dengan rencana liburan akhir tahun bersama orang-orang terkasih.

 

 

MEDAN, kaldera.id – Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bahkan sebagian orang sudah siap sedia dengan rencana liburan akhir tahun bersama orang-orang terkasih.

Meski tengah menikmati liburan, namun masyarakat diimbau untuk tetap memperhatikan kesehatan. Sebab belakangan ini sejumlah penyakit dan masalah kesehatan muncul. Jangan sampai momen liburan menjadi pengalaman menyulitkan karena sakit.

Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS, mengatakan, seringkali masyarakat cenderung mengabaikan kesehatan saat berlibur. Hal itu karena mereka menganggap liburan sebagai momen untuk terbebas di segala rutinitas.

Padahal selama melakukan liburan, kata dr. Irwan, risiko untuk terkena penyakit lebih tinggi. Pemicunya karena aktivitas yang tinggi, perjalanan jauh, kelelahan saat traveling yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Hal itu ditambah lingkungan dengan cuaca dan iklim berbeda.

“Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan mereka saat berlibur agar dapat terhindar dari jatuh sakit. Pada umumnya, beberapa penyakit yang dialami oleh masyarakat selama musim liburan meliputi demam, batuk, pilek, dan diare,” ujar dr. Irwan.

Lantas, bagaimana cara agar tetap sehat selama pergi berlibur? Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Melakukan Vaksinasi sebagai Langkah Perlindungan.

Diketahui, memasuki libur akhir tahun, sejumlah kasus penyakit seperti Covid-19 dan pneumonia muncul. Untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari kedua penyakit tersebut, vaksinasi dapat menjadi langkah antisipatif.

Selain vaksinasi Covid-19 yang sudah diwajibkan oleh pemerintah, pertimbangkan juga melakukan vaksinasi flu sebagai tambahan perlindungan mengingat virus influenza di Indonesia ada sepanjang tahun.

Di sisi lain, untuk mencegah risiko terkena penyakit pneumonia, vaksinasi PCV untuk mencegah pneumonia karena Streptococcus pneumonia juga dapat menjadi pilihan bijak.

Vaksin flu direkomendasikan untuk dilakukan rutin secara tahunan bagi orang dewasa, anak-anak, dan individu dengan kondisi medis tertentu yang rentan terhadap penyakit, sedangkan vaksin PCV direkomendasikan serial pada bayi dan anak usia

Untuk mendapatkan vaksin flu dan pneumonia, Anda bisa memesan layanan tersebut melalui aplikasi Halodoc melalui kanal Home Lab & Vaksinasi. Mitra dokter akan datang ke lokasi dengan jadwal sesuai yang telah Anda pilih, sehingga semakin memberikan kemudahan untuk Anda dan keluarga menyiapkan liburan tanpa perlu mengorbankan banyak waktu dan tenaga.

2. Tetap Mengonsumsi Air Putih

Air putih merupakan asupan krusial yang dibutuhkan oleh manusia terutama saat sedang melakukan banyak aktivitas. Kurang minum air putih akan berpotensi menyebabkan dehidrasi hingga masalah ginjal.

Sementara ketika sedang berlibur, seringkali lupa untuk mengonsumsi air putih karena terlalu asyik melakukan berbagai hal. Bahkan, tak jarang lebih memilih mengonsumsi minuman yang manis khas dari daerah yang dikunjungi. Padahal kebutuhan air putih harian manusia tidak dapat digantikan oleh minuman lainnya.

3. Pastikan Tidak Makan Berlebihan.

Berbagai makanan khas daerah yang dikunjungi akan membuat tergoda untuk mencicipi semuanya. Meskipun demikian, Anda diimbau untuk tetap menjaga porsi makan harian.

Hal itu karena mengonsumsi makanan yang berlebih dapat berpotensi mengakibatkan diare hingga gerd. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula yang berlebih juga bisa berisiko meningkatkan kolesterol, gula darah hingga asam urat.

4. Mandi dengan Air Hangat.

Mandi air hangat bisa menjadi solusi terbaik ketika tubuh merasa tegang setelah seharian berekreasi. Air hangat dapat merilekskan otot yang tegang serta memfasilitasi aliran darah ke area yang kaku.

Berendam atau mandi di bawah pancuran air hangat juga dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh, terutama pada bagian punggung, leher, dan bahu.

5. Tetap Lakukan Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, momen liburan bukan alasan untuk menunda atau berhenti berolahraga.

Anda dapat tetap melakukan olahraga seperti jalan-jalan pagi atau menggunakan fasilitas di gym yang mungkin tersedia di tempat penginapan.

Pastikan melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas ringan agar tetap memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas berlibur lainnya.

Meski sudah mempersiapkan tindakan preventif seperti di atas, namun kemungkinan Anda sakit selama liburan tidak bisa terelakan.Terutama dalam konteks liburan, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat. (cnn)