Tips Sehat di Musim Hujan

0
35
Belakangan ini Kota Medan dan sekitarnya sering diguyur hujan disertai angin kencang. Tubuh rentan terkena penyakit ketika sedang musim hujan.
Belakangan ini Kota Medan dan sekitarnya sering diguyur hujan disertai angin kencang. Tubuh rentan terkena penyakit ketika sedang musim hujan.

 

MEDAN, kaldera.id – Belakangan ini Kota Medan dan sekitarnya sering diguyur hujan disertai angin kencang. Tubuh rentan terkena penyakit ketika sedang musim hujan.

Biasanya daya tahan tubuh melemah akibat terlalu lama terpapar suhu dingin. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terserang penyakit, seperti flu dan batuk. detikers tentu tidak ingin sakit ketika musim hujan seperti saat ini.

Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa cara yang bisa detikers lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit selama musim hujan. Dengan begitu, detikers akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

9 Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

1. Hindari Mengenakan Alas Kaki Basah
Tak jarang, hujan yang turun terus menerus memaksa orang-orang untuk mengenakan alas kaki basah saat bepergian. Ternyata, hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa memicu berbagai macam penyakit kaki, mulai dari jamur, kutu air, hingga trench foot.

Karenanya, sebisa mungkin bersihkan dan jemur alas kaki sebelum dikenakan kembali esoknya.

2. Tetap Berolahraga
Selain menurunkan berat badan, berolahraga juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh serta mengeluarkan bakteri yang mungkin masuk ke paru-paru atau saluran pernapasan.

Jika memang tidak memungkinkan untuk berolahraga di luar ruangan, bisa juga dengan melakukan olahraga indoor seperti yoga atau aerobik guna menjaga tubuh tetap aktif meski di musim hujan.

3. Jaga Kebersihan Tangan
Cucilah tangan dengan bersih sebelum makan atau setelah beraktivitas di luar ruangan. Menerapkan kebersihan tangan yang baik penting untuk menjaga dari potensi kuman dan bakteri yang semakin meningkat selama musim hujan.

4. Meningkat Konsumsi Asupan Probiotik
Probiotik adalah salah satu mikroorganisme yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Biasanya, probiotik hidup di usus dan sistem pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, acar, atau yoghurt dapat meningkatkan kesehatan usus sehingga lebih tangguh dan terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, probiotik juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Sehingga, tubuh tidak hanya terlindungi tapi juga membangun kekuatan untuk melawan infeksi yang mungkin menyerang di kemudian hari.

5. Hindari Jajanan Pinggir Jalan
Saat musim hujan, sebaiknya menghindari membeli makanan atau minuman yang dijajakan di kaki lima. Pasalnya, jajanan tersebut rentan terpapar virus dan bakteri yang berkembang biak dengan lebih cepat saat musim hujan.

Selama musim hujan, jalanan biasanya dipenuhi dengan genangan air dan lumpur. Genangan tersebut menjadi inkubator yang sempurna bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak hingga kemudian menyebar di udara. Jika makanan terlalu lama terpapar ke udara terbuka, maka semakin tinggi pula risiko terkontaminasi oleh virus dan bakteri.

6. Istirahat dan Tidur Cukup
Waktu dan kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang sering begadang, maka daya tahan tubuhnya akan semakin melemah.

Padahal, cuaca dingin akibat musim hujan saja sudah membuat sistem imun tubuh menurun. Dikombinasikan dengan kebiasaan begadang, hal tersebut tentunya membuat tubuh menjadi sangat rentan terkena penyakit saat musim hujan. Karenanya, pastikan tubuh mendapat waktu istirahat dan tidur yang cukup setiap hari.

7. Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh perlu terhidrasi dengan baik agar tetap sehat dan terlindung dari penyakit, terutama saat di musim hujan. Selain menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga, pastikan juga air yang dikonsumsi murni dan bersih. Bila perlu, bawa botol air sendiri dari rumah agar terhindar dari risiko mengonsumsi air yang terkontaminasi.

8. Bersihkan Genangan Air
Demam dan pilek bukan menjadi satu-satunya ancaman yang mengintai selama musim hujan. Genangan air yang terbentuk akibat hujan juga rawan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, termasuk nyamuk demam berdarah dan malaria.

Karena itu, selalu bersihkan genangan air yang ada di dalam maupun di sekitar rumah agar tidak menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.

9. Tambah Asupan Vitamin C
Musim hujan kerap menyediakan lingkungan yang ideal bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Inilah salah satu alasan mengapa orang-orang lebih rentan terkena demam, flu, hingga reaksi alergi selama musim hujan.

Agar tetap sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin C merupakan senyawa yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga lebih terlindungi dari infeksi virus dan bakteri. Vitamin C dapat dengan mudah didapat dari sayuran hijau segar, buah jeruk, lemon, dan lain sebagainya.(det)