Perum Bulog Sumut Siapkan Stok Beras 33.000 Ton Untuk Bantuan Januari-Maret 2024

Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan stok beras sekitar 33 ribu ton untuk bantuan pangan periode Januari-Maret 2024 di wilayahnya.
Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan stok beras sekitar 33 ribu ton untuk bantuan pangan periode Januari-Maret 2024 di wilayahnya.

 

MEDAN, kaldera.id – Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan stok beras sekitar 33 ribu ton untuk bantuan pangan periode Januari-Maret 2024 di wilayahnya.

“Stok beras kami cukup untuk itu,” ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, di Medan, Rabu.

Arif melanjutkan, stok cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog Sumut pada Januari 2024 mencapai 58 ribu ton.

Rinciannya, ada sekitar 23 ribu ton beras di gudang, tambahan 15 ribu ton beras yang baru proses pembongkaran di Medan dan 20 ribu-an ton tambahan akan menyusul masuk.

“Kami siap untuk menyalurkan bantuan tersebut,” kata Arif.

Dia menambahkan, pada periode Januari-Maret 2024, bantuan beras 10 kilogram beras per bulan akan diberikan kepada sekitar 1,1 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Jumlah itu meningkat dari periode sebelumnya yakni 906.328 KPM.

“Data KPM itu dari pemerintah. Namun untuk pembagian per kabupaten dan kota, kami baru mendapatkan datanya besok,” ujar Arif pula.

Sebelumnya, pada tahun 2023, Bulog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras untuk KPM di wilayahnya.

Tahap pertama dilakukan selama tiga bulan mulai Maret, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua, yakni periode September-November 2023. Lalu, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program itu sampai Desember 2023.

Pada periode September-November 2023, bantuan itu diserahkan kepada 906.328 KPM yang berhak mendapatkan 10 kilogram beras per bulan. Data KPM ini pula yang digunakan untuk bantuan beras bulan Desember 2023.

Sementara untuk pihak pendistribusi, Arif Mandu memastikan pihaknya masih bekerja sama dengan PT Pos Regional I Sumatera, sama seperti bantuan pangan periode-periode sebelumnya. (antara)