Bobby Ingatkan Pengawasan Makanan Tidak Hanya Saat Hari Besar Keagamaan

Walikota Medan, Bobby Nasution saat melakukan pemeriksaan makanan yang dijual di pasar modern
Walikota Medan, Bobby Nasution saat melakukan pemeriksaan makanan yang dijual di pasar modern

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Nasution menegaskan, pihaknya terus berkomitmen memberikan perlindungan terhadap konsumen dan hak masyarakat. Ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan dan perlindungan secara optimal kepada masyarakat.

Selain berupaya menjadikan masyarakat sebagai konsumen yang cerdas, Bobby Nasution juga meminta dinas terkait untuk melaksanakan program kerja terkait dengan perlindungan konsumen, baik itu penanganan penyelesaian sengketa konsumen, melakukan pengawasan dan pembinaan di pasar tradisional maupun pasar modern serta para produsen makanan.

“Hal ini harus dilakukan rutin. Jangan hanya dilakukan pada saat hari-hari besar keagamaan saja. Sehingga tidak ada lagi peristiwa adanya produk halal dan non halal yang tercampur seperti yang terjadi belakang ini,” tegas Bobby.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Medan, Gelora Ginting mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk masyarakat mendapatkan haknya sebagai konsumen.

Dia menjelaskan, dalam perlindungan konsumen, pihaknya memiliki fungsi pengawasan terhadap pangan segar asal tumbuhan dan bahan pangan asal hewan.

“Kami terus rutin melakukan pengawasan di lapangan, baik pasar tradisional maupun pasar modern agar pangan yang dikonsumsi masyarakat benar- benar layak. Artinya pihaknya terus melakukan upaya perlindungan konsumen. Dalam Pengawasan kami juga menggandeng BPOM,” tegasnya. (reza)