Site icon Kaldera.id

Dewan Ingatkan Warga Waspadai Kesalahan Penulisan Nama di Adminduk

Ihwan Ritonga

Ihwan Ritonga

 

MEDAN, kaldera.id – Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga mengingatkan warga agar memperhatikan penulisan nama maupun keterangan lainnya di administtasi kependudukan (adminduk). Sebab, kesalahan satu huruf saja, data tersebut tidak sinkron dengan lainnya.

Menurutnya, hal ini banyak terjadi. Akibat kesalahan tidak memperhatikan penulisan nama dan lainnya saat adminduk selesai, warga kerepotan melakukan pergantian atau perbaikan. Apabila dibiarkan, adminduk itu tidak bisa digunakan karena tidak sinkron ataupun tidak bisa digunakan.

“Pastikan kesamaan penulisan nama dan data pribadi lainnya mulai di akte kelahiran, KK, KTP dan izajah serta dokumen surat-surat penting lainnya,” ungkapnya.

Politisi Gerindra ini juga mengimbau kepada warga untuk segera melakukan perbaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan bila menemukan kesalahan penulisan data diri. Jangan sampai berlarut. “Kalau terdapat kesalahan segera laporkan dan lakukan perbaikan,” ungkapnya.

Dia juga meminta kepada OPD terkait untuk meningkatkan pelayanan, khususnya ketelitian dan mencetak administrasi kependudukan warga.

Pelayanan prima melalui kecepatan dan ketepatan program serta komunikasi yang baik akan memudahkan masyarakat melengkapi adminduknya.

“Kalau pelayanan terus diperbaiki kualitasnya, masyarakat semakin tertib adminduk. Sosialisasi pentingnya adminduk juga terus dilakukan,” tambahnya. (reza)

Exit mobile version