Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu melepas 6.500 lebih peserta Parade Kebaya Nusantara di kawasan Jalan Balai Kota, Medan, Minggu (21/7/2024).
Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu melepas 6.500 lebih peserta Parade Kebaya Nusantara di kawasan Jalan Balai Kota, Medan, Minggu (21/7/2024).

MEDAN, kaldera.id – Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu melepas 6.500 lebih peserta Parade Kebaya Nusantara di kawasan Jalan Balai Kota, Medan, Minggu (21/7/2024).

Mulai dari ibu ibu forkopimda, komunitas perempuan, organisasi perempuan, selebgram, Ketua TP PKK kabupaten/kota, guru dan pelajar turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka mengenakan kebaya dari berbagai etnis di Sumatera Utara.

Kahiyang mengatakan, pemerintah telah menetapkan 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional. Kebijakan ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Kahiyang mengungkapkan kebanggaannya karena Parade Kebaya Nusantara yang digelar menyambut Hari Kebaya Nasional ini disambut antusias oleh kaum wanita.

Kahiyang mengatakan, informasi yang diterimanya dari penyelenggara, jumlah peserta Parade Kebaya Nusantara yang pertama di Medan dan diselenggarakan SWF ini sungguh luar biasa, yakni 6.500.

“Memang, kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan kebaya,” ucap Kahiyang.
“Kebaya identitas wanita Indonesia. Kita harus bangga mengenakannya,” tambahnya.

Founder of Sri Wahyuni Foundation (SWF), Sri Wahyuni, mengungkapkan, rasa terima kasih kepada Walikota Medan, Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution yang mendukung penuh Parade Kebaya Nusantara 2024 ini. Dia juga mengucapkan terima kasih pada Tim Kebaya Nasional yang menunjuk SWF sebagai penyelenggara ini.

“Sri Wahyuni Foundation menerima dengan antusias sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian budaya,” ungkapnya. (reza)