Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai Sumatera Utara semakin serius mempersiapkan atletnya jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.
Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai Sumatera Utara semakin serius mempersiapkan atletnya jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

 

MEDAN, kaldera.id – Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai Sumatera Utara semakin serius mempersiapkan atletnya jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Demi meraih hasil maksimal di event olahraga bergengsi empat tahunan di tanah air itu, cabor Muaythai Sumut akan memberangkatkan 14 atletnya mengikuti Kejuaraan Open Tournament Piala Walikota Surabaya yang akan digelar pada 9-11 Agustus 2024 mendatang.

Kejuaraan ini diharapkan dapat memaksimalkan persiapan atlet Muaythai Sumut yang saat ini sedang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Penuh jelang PON 2024.

“Kita buat uji coba untuk anak-anak, supaya ada jam terbang agar persiapan yang lebih matang. Kita mau matangkan teknik, stamina, agar lebih percaya diri lagi di PON, mntal pertandingan dan kekuatannya supaya lebih percaya diri untuk meraih kemenangan di PON,” kata Sekretaris Umum Muaythai Sumut, Zulkifli Lubis didampingi Pelatih Fisik KONI Sumut Neti Kartika, Kamis (1/8/2024).

Di sisi lain, Zulkifli menyebutkan bahwa saat ini persiapan atlet Muaythai Sumut sudah hampir matang menjelang tampil di PON 2024.

“Persiapan sudah mencapai hampir 85 sampai 90 persen. Di mana kita sudah mengikuti beberapa kali kegiatan seperti atlet kategori 1 dan 2 di Kejurnas 202 mendapat 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu dari 8 atlet,” tuturnya.

Dengan begitu, dirinya optimistis Muaythai Sumut bisa tampil maksimal dengan menyumbangkan prestasi pada PON 2024 mendatang. Mengingat cabor Muaythai Sumut akan menurunkan 27 atlet untuk berlaga di 22 kelas yang terdiri dari 18 kelas tarung dan 4 kelas seni.

“Karena sebagai tuan rumah kita harus memenuhi kuota, tapi bukan sembarang memenuhi kuota, tapi harus mencapai target. Jadi kesepakatan kita ada target dalam dan luar. Target luar itu kita target dalam 6 medali emas dan target luar 3 emas,” kata Zulkifli. (frz/red)