Site icon Kaldera.id

PkM USU Sasar Penguatan Karakter Nasionalisme Siswa SMP

Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menunjukkan komitmen dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan bertajuk "Penguatan Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Nasionalisme".

Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menunjukkan komitmen dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan bertajuk "Penguatan Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Nasionalisme".

 

DELISERDANG, kaldera.id – Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menunjukkan komitmen dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan bertajuk “Penguatan Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Nasionalisme”.

Kegiatan ini dilaksanakan belum lama ini di SMP Swasta Islam Terpadu (IT) Jabal Noor, yang berlokasi di Jalan Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal Kanan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipimpin oleh Dr. Maulana Andinata Dalimunthe, M.A., dan juga dihadiri oleh tiga dosen dari USU lainnya yang merupakan anggota pengabdian masyarakat, serta tiga mahasiswa USU Prodi Ilmu Komunikasi yang turut hadir dan membantu menyukseskan kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat pendidikan karakter siswa-siswi serta menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.

“Program ini diikuti oleh 30 siswa-siswi kelas VII dan VIII beserta perwakilan guru-guru SMP IT Jabal Noor yang antusias berpartisipasi dalam setiap sesi kegiatan,” kata Maulana, Rabu (29/8/2024).

Kepala sekolah SMP IT Jabal Noor, Chandra Dhika Setiawan, S.Pd, Gr., mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif USU dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini.

“Kami sangat menghargai usaha USU dalam mendidik siswa kami tentang pentingnya karakter dan nasionalisme. Ini adalah bekal penting bagi masa depan mereka,” ujar Chandra.

Selain itu, Ketua Yayasan SMP IT Jabal Noor, Bapak H. Khalid Zulfiqar, S.Tp., juga turut hadir dan memberikan dukungannya. Beliau menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah pilar utama dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Kegiatan ini juga menghadirkan Bapak Aris Suhendar, M.Pd., sebagai pemateri, sekaligus pemerhati pada bidang Nasionalisme dan Kepemudaan. Beliau menyampaikan materi yang menarik dan interaktif mengenai pentingnya memiliki karakter yang kuat dan nasionalisme yang tinggi.

Para siswa diajak untuk berpartisipasi aktif melalui diskusi, dan simulasi yang dirancang untuk memperkuat pemahaman mereka tentang nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari program tahunan USU yang bertujuan untuk mendekatkan kampus dengan masyarakat serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek kehidupan. (efri surbakti)

Exit mobile version