Site icon Kaldera.id

Atlet Lempar Lembing Sumut Sumbang 1 Emas David Luther Lubis: Kita Dapat Bibit Baru

Hafiz saat menerima medali emas

Hafiz saat menerima medali emas

 

MEDAN, kaldera.id – Tiga atlet cabang olahraga atletik Sumatera Utara (Sumut) sumbang 3 medali di Pekan Olahraga Nasional (PIN) XXI Aceh-Sumut 2024, di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024) sore.

Ketiganya yakni Abdul Hafiz yang meraih medali emas putra dengan lemparan 67,43 meter dari total enam kali kesempatan lemparan.

Kemudian, pelari gawang putra 100 meter, Baim Bagus P Sirait meraih perak dengan waktu 14.80 detik, dan Daniel Simanjuntak meraih medali perak untuk nomor lari 5 000 meter putra dengan waktu 14,42 menit.

Atas Raihan 1 medali emas dan 2 Perak di hari pertama, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara (Sumut), David Luther Lubis.

“Kita memberikan apresiasi. Hafiz berhasil mempertahankan gelarnya. Dan tetap perkasa di cabang lempar lembing. Perolehan dua atlet kita (Baim dan Daniel) diluar ekspektasi. Mereka merupakan bibit baru dan berhasil meraih perak pada PON 2024 ini,” sebut David Luther didampingi Ketua Binpres PASI Sumut, Irwan Pulungan.

Dikatakan David Luther, hasil di hari pertama ini terus memicu para atlet PASI Sumut dipertandingan selanjutnya. Dharapkan terus memberikan uang terbaik dan meraih medali.

” Kita (PASI Sumut) sangat bangga dengan Daniel dan Baim. Mereka adalah atlet baru dan bibit baru. Mereka mampu meraih medali perak. Kita harapkan atlet yang lain bisa meraih medali untuk Sumut,” ungkapnya.

Pecah Rekor

Pada nomor lari 100 meter gawang putri, atlet asal Kalimantan Selatan Dina Aulia memecahkan rekor nasional dan rekor PON. Ia mencatatkan waktu 13.16 detik dan berhak meraih medali emas.

Catatan waktu tersebut melampaui rekor PON atas nama Emilia Nova atlet DKI Jakarta pada PON 2016 di Jawa Barat. Catatan waktu Dina Aulia itu juga melampaui rekor nasional atas nama Dedeh Irawati, atlet asal DKI Jakarta dengan waktu 13.18 yang diciptakan pada 2012.

Atlet Jawa Barat Ifan Fauzan Richsan memecahkan rekor nasional atletik nomor lompat galah putra. Ia mencatatkan lompatan setinggi 5,31 meter.

Ifan Fauzanmemecahkan rekor nasional (rekornas) atas namanya sendiri dengan lompatan 5,3 meter yang tercipta pada 2018. Lompatan itu juga melampaui rekor PON yang diciptakan Teuku Tegar dari Jawa Timur dengan lompatan setinggi 5,15 meter di PON Papua 2021. (reza)

 

 

Exit mobile version