Site icon Kaldera.id

Panen Raya Padi di Marelan, Kedepan Hasil Panen Bisa Dibeli PUD Pasar

Walikota Medan Bobby Nasution melakukan panen raya padi di Kelurahan Mabar Hilir, Pasar IV Kecamatan Medan Del, kemarin. Meskipun bukan sektor primadona di Medan,Bobby mengharapkan pertanian dapat terus berkembang.

Walikota Medan Bobby Nasution melakukan panen raya padi di Kelurahan Mabar Hilir, Pasar IV Kecamatan Medan Del, kemarin. Meskipun bukan sektor primadona di Medan,Bobby mengharapkan pertanian dapat terus berkembang.

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan Bobby Nasution melakukan panen raya padi di Kelurahan Mabar Hilir, Pasar IV Kecamatan Medan Del, kemarin. Meskipun bukan sektor primadona di Medan,Bobby mengharapkan pertanian dapat terus berkembang.

Menurutnya sektor pertanian berkaitan dengan pangan dan ketahanan pangan menjadi program utama ke depan.

Kegiatan yang dihadiri antara lain unsur Forkopimda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Gelora Kurnia Putra Ginting, kelompok tani se-Kota Medan ini dirangkai dengan penyerahan bantuan sarana produksi pertanian kepada kelompok tani. Dengan mengendarai sepeda motor Bobby Nasution bergerak dari areal persawahan menuju lokasi penyerahan bantuan itu.

Bantuan yang disalurkan berupa 40 unit pompa air untuk 11 kelompok tani dan 2,5 ton benih padi untuk 100 hektar lahan sawah.

Saat itu, Bobby Nasution juga membuka sesi dialog dengan para petani. “Kami tidak ingin banyak bicara, bapak ibu yang bicara. Kami ingin dengar keluhan, masukan dari bapak dan ibu,” ucapnya.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan para petani. Berbagai Keluhan dan aspirasi pun disampaikan, di antara lain soal keterbatasan lahan dan peralatan, irigasi, dan harga jual.

Adalah Irwanto dari Kelompok Tani Serasi Medan Deli dan Suparmin Sri Rejeki Medan Selayang yang memohon bantuan traktor R4. Permintaan ini dikabulkan Wali Kota.

Terkait soal keluhan harga jual hasil panen yang rendah, Bobby Nasution mendorong gabungan kelompok tani menjalin kerja sama dengan PUD Pasar Medan tentang pembelian hasil panen petani.

“Dengan adanya kerja sama ini hasil panen petani bisa dibeli Pemko melalui PUD Pasar,” ucap Bobby Nasution.

Sementara itu, Gelora Kurnia Putra Ginting menyampaikan kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi sekaligus memotivasi kelompok tani Medan terus meningkatkan semangat dalam mengelola usaha tani.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong kelompok tani untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi sawah dengan memberikan sarana produksi pertanian,” ungkapnya.

Gelora mengharapkan bantuan ini mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani dan meningkatkan hasil panen padi di Medan. (Reza)

Exit mobile version