Site icon Kaldera.id

PT Inalum Geber Program Germas di Pintu Pohan Meranti

PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) /mendukung penuh terhadap program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di Club House Komplek Perumahan PT INALUM Desa Pintu Pohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) /mendukung penuh terhadap program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di Club House Komplek Perumahan PT INALUM Desa Pintu Pohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

 

TOBA, kaldera.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) /mendukung penuh terhadap program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di Club House Komplek Perumahan PT INALUM Desa Pintu Pohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

Kegiatan dihadiri Kepala UPT Puskesmas Pintu Pohan Meranti Ferawati Ginting, SKM, M.K.M, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr. Freddi Seventry Sibarani, M.K.M, Camat Pintu Pohan Meranti Josten Sihotang didampingi oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Pintu Pohan Meranti Jontang Napitupulu; tenaga Kesehatan; dan masyarakat Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

Kegiatan yang berlangsung merupakan bentuk kolaborasi antara PT INALUM dengan UPT Puskesmas Pintu Pohan Meranti dan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mendorong mereka untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

Zainuddin Iqbal Sidabutar, Kepala Seksi Community Development/CSR PLTA PT INALUM dalam sambutannya menyampaikan, kesehatan adalah asset penting bagi masyarakat, melalui program Germas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat, pemeriksaan rutin Kesehatan hingga pencegahan penyakit.

Zainuddin menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun silaturahmi antar masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kesehatan adalah aset penting bagi masyarakat. Melalui program Germas, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan rutin, hingga pencegahan penyakit. Kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Puskesmas dan Dinas Kesehatan, sangat diperlukan agar program ini berjalan dengan baik. Kami juga terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat, apakah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan setahun sekali cukup atau perlu ditingkatkan,” ucap Zainuddin.

Josten Sihotang, Camat Pintu Pohan Meranti dalam sambutannya mengatakan bahwa program Germas ini adalah bukti kolaborasi yang luar biasa dan berharap agar program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama.

“Ini adalah kolaborasi yang luar biasa. Harapan kami bersama adalah program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama. Saya mengucapkan terima kasih kepada PT INALUM dan sangat mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara PT INALUM, Puskesmas Pintu Pohan Meranti dan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba,” ujar Josten.

Josten berharap pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan menghasilkan solusi nyata bagi masalah kesehatan di wilayah Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, dr. Freddi Seventry Sibarani, M.K.M., menyampaikan apresiasinya terhadap peran PT INALUM dalam mendukung program kesehatan masyarakat. “Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk BUMN seperti PT INALUM sangat membantu dalam pelaksanaan program kesehatan seperti Germas. Dengan adanya dukungan ini, kami bisa meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam mendeteksi dini penyakit dan mendorong perilaku hidup sehat di masyarakat,” ucap Freddi.

Kepala UPT Puskesmas Pintu Pohan Meranti, Ferawati Ginting, SKM, M.K.M juga menekankan pentingnya semangat dalam mengikuti program Germas. “Kita semua tahu, kesehatan adalah aspek penting dalam kehidupan, dan program Germas ini adalah upaya sistematis yang melibatkan banyak pihak untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Program ini tidak hanya menekankan pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan sosial,” jelas Ferawati.

Sebagaimana diketahui, program pemberdayaan kader kesehatan ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, senam bersama, praktek pemenuhan makanan bergizi, serta diskusi dan seminar tentang peranan mitra dalam mendukung Germas. Acara ini juga ditandai dengan penyerahan simbolis bantuan dari PT INALUM, yakni dukungan untuk pencegahan stunting, bantuan sanitasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk penderita TBC.

Program Germas yang dilaksanakan PT INALUM bersama Pemerintah Daerah dan Instansi Kesehatan setempat ini menunjukkan komitmen Perusahaan dalam mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah operasionalnya. Melalui kolaborasi yang erat dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan, PT INALUM berharap program ini dapat terus berjalan dan memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan masyarakat. (frozi/rel)

Exit mobile version