Hari Ini Jokowi Makan Kuah Beulangong Bareng Ribuan Warga Bireun

Presiden Joko Widodo. Ist.
Presiden Joko Widodo. Ist.

JAKARTA, kaldera.id- Presiden Joko Widodo bakal hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar Yayasan Sukma bersama Forum Bersama Anggota DPR RI Asal Aceh (Forbes) di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Dalam acara tersebut, Jokowi akan menyantap masakan khas Aceh bersama ribuan warga, yaitu kuah beulangong atau sering disebut juga dengan gulai berbahan baku utama daging sapi atau kambing.

“Besok presiden makan bareng disini, sama ribuan warga. Masakannya kuah beulangong dari daging sapi. Ada dua pilihan, dengan kuah kental dan kuah encer,” terang Direktur Eksekutif Yayasan Sukma Ahmad Baedowi di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya, ada 20 desa di Bireun yang ikut terlibat memasak kuah beulangong. Mereka pula nantinya akan ikut makan bersama Jokowi.
Kenduri Kebangsaan merupakan sebuah ajang silaturahmi dan sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh. Tujuannya untuk mempererat persatuan masyarakat di wilayah yang dijuluki Serambi Mekkah ini.

“Namanya kenduri kebangsaan ini mengumpulkan seluruh elemen masyarakat Aceh. Bagi tradisi Aceh, kalau sudah dibilang kenduri itu permusuhan hilang,” ucap Baedowi.(liputan6/finta)