23 April, Kemenang Gelar Sidang Isbat Online Tentukan Ramadhan

23 April, Kemenang Gelar Sidang Isbat Online Tentukan Ramadhan
23 April, Kemenang Gelar Sidang Isbat Online Tentukan Ramadhan

JAKARTA, kaldera.id – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah pada 23 April 2020. Sidang akan digelar melalui video telekonferensi mengingat Covid-19 masih menjadi pandemi hingga saat ini.

“Isbat awal Ramadhan akan kami gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi,” kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Kamaruddin mengatakan, hanya sebagian peserta sidang yang hadir di kantor Kemenag. Mereka adalah perwakilan MUI, DPR, Badan Hisab Rakyat Kementerian Agama, dan pejabat eselon I serta II Ditjen Bimas Islam.

Undangan lainnya akan mengikuti saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang disiapkan tim Kementerian Agama.

Kamaruddin menyebut, sidang akan dimulai sebelum maghrib diawali paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah oleh Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama.

“Setelah maghrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup. Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul (Menteri Agama Fachrul Razi) melalui jumpa pers,” ujar dia.(kompas/kontan/tim)