Site icon Kaldera.id

Resmi Jadi Kapolri, Ini Pesan Presiden Jokowi Untuk Mantan Ajudannya

Jendral Polisi Drs. listyo Sigit Prabowo, M.Si resmi dilantik sebagai kepala Kapolri

Jendral Polisi Drs. listyo Sigit Prabowo, M.Si resmi dilantik sebagai kepala Kapolri

JAKARTA, kaldera.id – Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si hari ini, Rabu (27/1/2021) resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan posisi Jendral Idham Aziz yang telah memasuki masa pensiun. Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pelantikan Listyo Sigit sebagai Kapolri tertuang dalam surat Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Surat Keputusan Presiden itu berlaku sejak Listyo resmi diangkat sebagai Kapolri. Pada pelantikan itu pula Listyo dinaikkan pangkatnya satu tingkat menjadi Jenderal bintang empat berdasarkan Kepres No.7 Tahun 2021.

Diketahui, Listyo merupakan calon tunggal dalam proses pemilihan Kapolri. Namanya dikirim Jokowi ke DPR melalui menterinya untuk dimintai persetujuan.

Setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, persetujuan Listyo diangkat sebagai Kapolri dilakukan dalam rapat Paripurna DPR pada Kamis, pekan lalu.

Sebelum resmi diangkat sebagai Kapolri, Listyo menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak Desember 2019 lalu. Dia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Solo bertepatan dengan Jokowi menjabat sebagai Wali Kota.

Dalam makalahnya saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR pada Rabu lalu, Listyo mengaku dirinya mengusung konsep transformasi Polri yang Presisi. Presisi dalam konsep tersebut merupakan akronim dari Prediktif, Responsibilitas, Transparasi berkeadilan.

Menurutnya, konsep ini merupakan kelanjutan dari konsep Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang telah diusung sejak era kepimpinan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

“Ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindak lanjuti, sebagaimana kami tuangkan dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di empat bidang dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” jelas Listyo.

Sementara itu, Presiden Jokowi berpesan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo agar memiliki haluan tegas, berani memberantas terorisme, intoleransi, diskriminasi, untuk menjaga stabilitas politik. “Hantam radikalisme, tegakkan hukum,” pesan Jokowi (mustivan/cnni/tco)

Exit mobile version