Kunjungi Kelompok Islam: Kapolri Listyo Menyambung yang Terputus

Kapolri Listyo Sigit Kunjungi DPP Rabithah Alawiyah
Kapolri Listyo Sigit Kunjungi DPP Rabithah Alawiyah

JAKARTA, kaldera.id – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengunjungi ormas Islam yang menghimpun WNI keturunan Arab, Rabithah Alawiyah di Jalan TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/1/2021) siang.

Jenderal Listyo Sigit mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang sudah dilaksanakan dalam beberapa waktu terakhir, yakni mendatangi dan bersilaturahmi ke ormas-ormas besar. Adapun di antaranya, NU, Muhammadiyah, dan sekarang di Rabithah Alawiyah.

“Kegiatan yang saya lakukan melaksanakan silaturahim,” ujarnya pada wartawan, Sabtu (30/1/2021).

Sementara itu, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen Bin Smith menyambut baik silaturahmi yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Pasalnya, menjadi suatu kehormatan bagi Rabithah Alawiyah mengingat Jenderal Sigit ingin menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terputus sebelumnya.

“Kunjungan terakhir dari Kapolri itu zamannya pak Tito, setelah itu terputus baru beliau (Jenderal Listyo Sigit) menyambung kembali. Jadi ini sebenarnya menyambung satu jembatan yang asalnya sudah ada ketika putus dan ini merupakan hal baik,” tuturnya.

Dengan begitu, tak ada lagi komunikasi yang tersumbat diantara para ulama, habib dengan Polri dan jajaran pejabat ataupun penegak hukum. Dengan kelancaran komunikasi itu, semua hal yang dianggap bermasalah tentunya bisa didiskusikan melalui dialog dan dicari solusinya.

Dalam kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Asop Kapolri Irjen Imam Sugianto, Dirtipidsiber Brigjen Slamet Uliandi, Dittipiter Brigjen Syahar Diantono, dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo sudah bersilaturahmi ke dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

Kunjungan pertama dilakukan Kapolri pada Kamis (28/1/2021), ke PBNU. Hari berikutnya, Jumat, Kapolri berkunjung ke Muhammadiyah.

Kunjungan ke DPP Rabithah Alawiyah ini merupakan kunjungan ketiga Kapolri Sigit usai resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (27/1/2021).

Sigit resmi memimpin Korps Bhayangkara menggantikan Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. (sindonews/mustivan mahardhika)