Gus Irawan: Penyaluran KUR Agar Tepat Sasaran

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu

JAKARTA, kaldera.id- Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu menekankan agar penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus terus dioptimalkan, dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya menekankan kepada sejumlah pihak terkait, yakni kepada Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dapat menjalankan program pemerintah tepat sasaran dan betul-betul dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat pelaku usaha,” kata Gus Irawan Pasaribu, Jumat (26/3/2021).

Dia menambahkan, pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, diharapkan dengan adanya program penyaluran KUR bisa menjadi salah satu upaya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Saya berharap program kerja pemerintah yang dilaksanakan oleh BI, OJK, dan Himbara sebagai penyalur KUR, bisa betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pasalnya di kondisi pandemi saat ini banyak pelaku UMKM yang sangat membutuhkan permodalan,” harapnya.

Di sisi lain legislator dapil Sumut 2 itu mendorong kepada pemda untuk mengevaluasi pelaksanaan KUR. Apakah ada kendala dari segi penyaluran yang dirasakan masyarakat dalam proses pengajuan KUR selama pandemi ini.

“Saya berpesan untuk penyaluran KUR bagi pelaku UMKM perlu diperhatikan, baik dari suku bunga yang rendah serta kemudahan syarat dalam pengajuan bisa dirasakan. Sehingga manfaat dari KUR bisa dirasakan masyarakat secara luas, dan program pemerintah tepat sasaran,” kata Gus Irawan.(finta rahyuni)