KNPI Dukung Kabareskrim Usut Tuntas Jual Beli 279 Juta Data WNI

Komjen Pol Agus Andrianto
Komjen Pol Agus Andrianto

JAKARTA, kaldera.id – DPP KNPI mendukung penuh langkah Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto dalam menuntaskan kasus kebocoran data pribadi 279 juta warga negara Indonesia (WNI) yang dijual secara online di forum hacker Raid Forums.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPP KNPI, Sugiat Santoso, SE., MSP, Sabtu (22/5). Data pribadi 279 kita WNI adalah bagian dari rahasia negara, jika diperjualbelikan secara bebas begitu, bisa bobol dan akan mempengaruhi sistem keamanan negara.

“Itu kan privasi masing-masing individu, dan jika ada 279 juta data yang dijual, maka sama saja membuka rahasia negara ke luar negeri. Masyarakat dan negara dirugikan, karena privasinya dijual,” tegas Sugiat.

BACA JUGA :  Legenda Timnas Saktiawan Sinaga Jadi Pengurus KNPI Sumut

Menurut Sugiat langkah Kabareskrim Polri memanggil Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti sudah sangat tepat untuk menuntaskan kasus ini.

Ia menjelaskan, harus ada pihak yang bertanggung jawab atas jual-beli kasus ini, agar kedepan otoritas yang punya akses data seluruh WNI tidak menyalahgunakan demi keuntungan.

Sebelumnya, Komjen Agus menyatakan Bareskrim serius menangani kasus yang menjadi atensi publik ini. Dia juga telah membentuk tim agar pengungkapan kasus ini tuntas.

“Sejak isu bergulir, saya sudah perintahkan Dirtipidsiber (Brigjen Slamet Uliandi) untuk melakukan lidik hal tersebut,” ucapnya.(rel/red)