Gubsu Edy Ikut Kemah Presiden Jokowi di IKN Nusantara

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi

JAKARTA, kaldera.id – Sebanyak 6 gubernur lain dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono sudah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Gubernur yang juga sudah tiba di Balikpapan, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Momen para gubernur tersebut tiba di Balikpapan dipublikasikan oleh Pemprov Kaltim melalui akun Instagram resminya @pemprov_kaltim, seperti dilihat detikcom, Minggu (13/4/2022) pukul 19.20 WIB. Momen kedatangan para gubernur tersebut dipublikasikan melalui beberapa postingan Instagram Story.

Dari video yang diunggah, para gubernur dan Menteri PUPR disambut oleh jajaran pejabat Pemprov Kaltim. Mereka juga diberikan cendera mata khas Kaltim.

Selain gubernur, ada juga wakil gubernur yang tiba di Balikpapan. Dia adalah Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Berikut daftar gubernur dan wagub yang sudah tiba di Kaltim per pukul 19.00 WIB:

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi
Gubernur Kalbar Sutarmidji
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy
Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo lebih dulu tiba di Balikpapan. Selain Ridwan Kamil dan Ganjar, ada juga Gubernur Sumsel Herman Deru, hingga Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Seperti diketahui, seluruh gubernur di Indonesia diundang oleh Presiden Jokowi datang ke titik nol IKN Nusantara. Mereka juga diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Di titik nol IKN akan digelar ritual Kendi Nusantara, yang mana kendi tersebut merupakan wadah penyimpanan seluruh air dan tanah yang dibawa oleh para gubernur dari masing-masing daerahnya. Kegiatan tersebut akan digelar besok.

Presiden Jokowi sendiri akan berkemah di titik nol IKN Nusantara besok hingga Selasa (15/3). Malam ini, Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan kepada para gubernur dan wakil gubernur yang hadir. (detik)