Dapat Rekor MURI, Ketua Umum SMSI: Ini Pencapaian Kerja Bersama

Sejak berdiri lima tahun lalu, 7 Maret 2017, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) telah mencapai titik rencana strategis yang sangat mengesankan. Pencapaian itu akhirnya tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).
Sejak berdiri lima tahun lalu, 7 Maret 2017, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) telah mencapai titik rencana strategis yang sangat mengesankan. Pencapaian itu akhirnya tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

JAKARTA, kaldera.id — Sejak berdiri lima tahun lalu, 7 Maret 2017, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) telah mencapai titik rencana strategis yang sangat mengesankan. Pencapaian itu akhirnya tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Piagam Penghargaan pencapaian tersebut diserahkan langsung Pendiri MURI, Jaya Suprana kepada Ketua Umum SMSI, Firdaus, Jumat (18/3/2022).

“Kami bangga hari ini bertemu dengan orang-orang hebat. Orang kreatif dan tangguh yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Indonesia butuh orang-orang seperti yang terpilih hari ini supaya bangsa kita tidak ketinggalan dengan bangsa lain,” kata Jaya Suprana didampingi Direktur Utama MURI, Aylawati Sarwono.

Penghargaan MURI ini menandai pencapaian strategis berupa besaran jumlah anggotanya per 31 Desember 2021 mencapai 1.761 pengusaha pers siber yang tersebar di 34 provinsi di tanah air.

Jumlah anggota sebesar itu dinilai tim MURI merupakan jumlah terbesar di dunia sehingga pantas diberi penghargaan.

“Sekarang anggota SMSI lebih besar lagi. Sekitar 2.000 pengusaha media siber. Organisasi SMSI tengah meluas jaringannya hingga tingkat kota dan kabupaten. Sekarang ini sedang berjalan,” kata Firdaus

Sebelumnya, tiga tahun lalu, tepatnya 28 Februari 2020, SMSI telah dianugerahi penghargaan MURI atas kecepatan, daya sebar, dan banyaknya media siber yang tergabung di SMSI dalam menyampaikan tulisan opini ‘Mendambakan Keadilan Sosial’.
Hanya dalam waktu 7,5 jam, opini yang disampaikan SMSI ke anggota sudah dimuat 571 media yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Pencapaian yang dicatat MURI merupakan langkah strategis SMSI yang telah ditetapkan dalam roadmap atau time line organisasi dalam kurun waktu lima tahun sejak berdiri.

“Kami bersama teman-teman bergabung dan bangkit dari keterpurukan media yang dilanda disrupsi teknologi. Kami melangkah ke depan mengatasi persoalan. Dan, sekarang kami masuk ke dalam dunia terbaru yaitu mataverse,” kata Firdaus.(yogo)