Komisi XI Komit Dukung UMKM

Gus Irawan Pasaribu
Gus Irawan Pasaribu

JAKARTA, kaldera.id- Komisi XI DPR RI komit akan terus memberikan dukungan penuh kepada UMKM dapat terus berkembang. Hal tersebut merespon aspirasi yang disampaikan pelaku UMKM disana. Salah satu aspirasi yang disampaikan oleh berbagai pemilik usaha sebagai bagian dari UMKM adalah keinginan mendapatkan hak paten internasional atau Patent Coorperation Treaty (PCT) untuk produk mereka.

“Semuanya kita akan dukung, bahwa untuk fasilitator yang paling tepat adalah Bank Indonesia, dan kita juga punya kawan-kawan yang ada di kedutaan besar. Sehingga nanti kedepan ini benar-benar apa yang diharapkan oleh UMKM untuk izin paten dunia ini benar-benar bisa terlaksana. Ketika ini semua sudah bisa terlaksana, hak paten dia tidak hanya untuk Indonesia tetapi bisa di dunia,” ujar Gus Irawan Pasaribu, anggota Komisi XI DPR RI, kepada media, Jumat (23/9/2022).

Lebih lanjut, hal tersebut menurut dia merupakan salah satu cara agar produk Indonesia tidak lantas diakui oleh negara lain. “Untuk mengantisipasi itu tentu dari Komisi XI akan sangat memberikan support, dan juga akan memberikan dukungan penuh (kepada UMKM), sehingga betul-betul fungsi pembinaan (dari BI dan OJK) ini benar-benar berjalan,” tambahnya.

Untuk itu, Gus Irawan Pasaribu menekankan kepada BI dan OJK agar tidak hanya memberikan dukungan atau binaan terhadap keuangan, tetapi juga hal-hal lainnya. “Yang terpenting sekarang itu (pembinaan) literasi edukasi tidak hanya soal keuangan, tetapi soal public speaking nya, kemampuan dalam bergaul dan kemampuan dalam menginovasi produk dan tidak lupa kualitas,” tutup legislator dapil Sumut ini. (rel/arn)