Menyusul Siagian dan Wisjnu, Anak Sumut Irjen Pol Sormin Resmi jadi Kapolda

Irjen Pol Martuani Sormin (kedua dari kanan) saat mendampingi Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Menkopolhukam Mahfud MD dan Panglima TNI belum lama ini. (kaldera/ist)
Irjen Pol Martuani Sormin (kedua dari kanan) saat mendampingi Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Menkopolhukam Mahfud MD dan Panglima TNI belum lama ini. (kaldera/ist)

JAKARTA, kaldera.id – Irjen Pol Martuani Sormin, resmi menjabat Kapolda Sumatera Utara, Senin (16/12/2019). Sormin menggantikan Irjen Pol Agus Andrianto, yang diangkat menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri.

Pelantikan Irjen Pol Sormin sebagai Kapolda Sumut itu menjadikan ia menjadi orang Sumut ketiga yang menjadi Kapolda Sumut dalam 20 tahun terakhir. Sebelum Sormin, ada Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro yang menjabat Kapolda Sumut pada 2011 – 2013. Sebelum Wisjnu, Kapolda Sumut pernah dijabat anak Sumut lainnya, yakni Irjen Pol Hotman Siagian yang menjadi kapolda pada periode 2000 – 2001. Irjen Pol Martuani Sormin lahir di Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 30 Mei 1963.

Nama Kapoldasu Masa ke Masa. (kaldera/wikipedia)
Nama Kapoldasu Masa ke Masa. (kaldera/wikipedia)

Sormin sendiri menggantikan Agus Andrianto yang akan segera menyandang bintang tiga atau Komisaris Jenderal Polisi. Sebelum Sormin Dalam serah terima jabatan di Mabes Polri itu, tak hanya Sormin dan Agus yang dilantik. Irjen Listyo Sigit resmi menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Sigit mengisi jabatan yang satu setengah bulan kosong, lantaran pejabat sebelumnya yakni Jenderal Idham Azis (kala itu masih berpangkat Komjen) diangkat Presiden Jokowi menjadi Kapolri. Upacara serah terima jabatan Kabareskrim dipimpin langsung oleh Idham Azis selaku inspektur upacara. Selain jabatan Kabareskrim, dilakukan juga serah terima jabatan Kabaharkam Polri, Asops Kapolri, Aslog Kapolri dan beberapa Kapolda lainnya.

Dengan naiknya Listyo Sigit sebagai Kabareskrim, jabatan lama yang ditinggalkannya yakni Kadiv Propam Polri diisi oleh Brigjen Ignasius Sigit Widiatmono. Serah terima jabatan ini dilakukan berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019).(f rozi/dw)