Banjir di Tapteng, Anggota DPRD Kumpulkan Dana Bantuan

Banjir besar melanda Tapanuli Tengah (Tapteng) dan sementara merenggut nyawa 6 penduduk setempat.

MEDAN, kaldera.id – Hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Sumatera Utara menimbulkan bencana banjir di sejumlah daerah seperti Medan, Deliserdang, Padangsidimpuan dan Tapanuli Tengah. Bahkan di Tapteng sudah merenggut korban jiwa.

Anggota DPRD Sumut, Zainuddin Purba, mengatakan, pihaknya berduka cita atas musibah banjir di beberapa daerah. “Kami juga seluruhnya menyatakan turut prihatin dan berdukacita. Saat ini sedang berjalan penggalangan bantuan dari DPRD Sumatera Utara. Terima kasih,” ujar Zainuddin, lewat pesan singkat, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya setiap bencana alam di Provinsi Sumut, seluruh anggota DPRD Sumut, atas arahan pimpinan DPRD dan kesepakatan semua, selalu melakukan penggalangan bantuan dari seluruh anggota DPRD Sumut.
“Jangan dilihat dari berapa besar nilainya. Tapi nilai nilai persaudaraan, kemanusiaan yang kami ambil,” pungkasnya.

Diketahui, musibah banjir di Tapanuli Tengah, data sementara 6 orang meninggal dunia, 3 orang masih hilang belum ditemukan dan 700 kepala keluarga terpaksa mengungsi.

BPBD Provinsi Sumut, sudah menuju Tapteng untuk menambah kekuatan penanggulangan bencana. Selain korban jiwa, pengungsian dan penanganan pascabencana harus dilakukan, kerusakan infrastruktur juga cukup masif dan harus menjadi perhatian.

“Kami harap pemerintah daerah cepat dan tanggap menghadapi bencana dan dampak ikutannya seperti kerusakan fasilitas umum dan perumahan warga,” ujar politisi Partai Golkar asal Kota Binjai ini. (f rozi)