KNPI Sumut Apresiasi Bupati Taput Jaga Stabilitas Ekonomi Warga

TARUTUNG, kaldera.id – Di masa pandemi Covid-19, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan terus memantau kondisi masyarakatnya. Terutama stabilitas ekonomi yang memang sangat berdampak di tengah pandemi.

Salah satu strategi menjaga stabilitas ekonomi itu yakni membeli langsung hasil tani masyarakat di Tapanuli Utara. Langkah ini dianggap jitu menggairahkan kembali semangat petani dan menggerakkan kembali perekonomian masyarakat. 

“Petani sayur harus memiliki untung. Saya akan beli sesuai harga yang mereka minta dan yang pasti harus menguntungkan. Jangan sampai mereka rugi,” kata Bupati Nikson, saat bertemu Ketua DPD KNPI Sumut, di Tarutung, kemarin.

Dirinya melihat dan mendengar keluhan petani. “Hal itu sebagai salahsatu cara membantu petani sehingga mereka tidak putus asa dan terus semangat bertani sekaligus juga untuk mendukung salah satu program kita saat ini yaitu memperjuangkan ketahanan pangan di Tapanuli Utara,” kata Nikson.

Jurus jitu tersebut diapresiasi secara luas. Salah satunya dari Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan. Saat singgah ke Rumah Dinas Bupati Taput, Senin (15/6/2020), Samsir Pohan mengapresiasi upaya Nikson Nababan menjaga stabilitas ekonomi petani.

“Kemarin saya diskusi dengan Pak Nikson, diskusi banyak hal. Soal kepemudaan, isu kebangsaan dan upaya beliau menangani persoalan ekonomi warganya dalam menghadapi dampak Covid-19,” kata Samsir.

Menurut Samsir, dirinya melihat kesungguhan Nikson Nababan dalam mengurus warganya.

“Saat melintas, sekitar jam 06.00 WIB mobil kami berpapasan, dengan rombongan bupati. Ternyata mereka menuju Pasar Siborong-borong. Dan belakangan setelah berbincang sore harinya baru dapat informasi bahwa itu bukan kali pertama Pak Nikson turun ke pasar di masa pandemi ini,” sambung Samsir.

Samsir menilai, program Bupati Nikson menjaga stabilitas ekonomi petani dan pedagang sayur di masa wabah ini patut menjadi contoh kepala daerah lain di Sumut ini khususnya.

“Menurut saya, cara beliau bisa ditiru daerah lain. Saya apresiasi keseriusan beliau. Kami dari KNPI Sumut mendukung itu,” lanjutnya.

Di sisi lain, dalam perbincangan itu Samsir juga mendapat kesediaan Bupati Nikson ikutserta dalam penyusunan buku KNPI Sumut.

“Beliau juga bersedia untuk menyumbangkan buah pikiran beliau untuk buku yang sedang disusun KNPI Sumut. Beliau orangnya santai, tidak kaku, terbuka dan visioner,” tukas Samsir.(finta rahyuni)