Longsor Dibersihkan, Jalur Medan-Berastagi Mulai Lancar

MEDAN, kaldera.id – Setelah macet sejak dinihari tadi, jalur utama Medan-Berastagi mulai dapat dilalui setelah material longsor yang menutupi jalan dibersihkan dan disingkorkan dari jalan, Jumat (4/12/2020) pukul 14.30 WIB.

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar mengatakan, pihaknya bersama Pemkab Deliserdang, dibantu warga menyingkirkan material longsor yang menutupu jalan. Sebelumnya, pihaknya menutup akses lalu lintas Medan-Berastagi dan mengimbau pengendara tak melintas akibat tertutup longsor.

“Warga Medan maupun Sumatera Utara saat ini, sudah selesai pengerjaan pembersihan dan pembukaan jalur Medan-Berastagi,” tuturnya di akun Instagram @satlantasrestabemedan.

Mantan Kasat Sabhara Polrestabes Medan itu mengatakan pihaknya juga telah melakukan uji coba dengan melintasi jalur Medan – Berastagi tersebut.

“Tadi sudah kita coba dengan menggunakan sepedamotor dan beberapa kendaraan sudah mulai lancar,” ungkap Sonny.

Meski arus lalin jalur utama Medan-Berastagi sudah kembali normal, namun kepolisian mengimbau masyarakat khususnya pengendara dari arah Medan menuju Berastagi maupun sebaliknya untuk berhati-hati.

Waspada Tikungan Amoy

Titik longsor yang parah, sebut Sonny, pada daerah tikungan Amoy atau PDAM Tirtanadi Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit yang riskan terjadinya longsor susulan.

“Kemudian tebing yang sangat curam sekali pas tikungan PDAM Tirtanadi sangat rawan sekali. Sehingga kami tetap berjaga-jaga, apabila sewaktu-waktu ada apa-apa (musibah),” sambungnya.

Sonny menerangkan kondisi cuaca seputaran jalur Medan-Berastagi saat ini juga terpantau mendung.(reza sahab)