SMK Agrobisnis Sumut di Langkat Terima Siswa Baru Juni 2021

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Sekda Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin, meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pematang Jaya
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Sekda Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin, meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pematang Jaya

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Sekda Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin, meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pematang Jaya, Desa Limau Mungkur, Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat, Kamis (28/1/2021).

SMK dengan jurusan Agrobisnis Tanaman Perkebunan dan Ruminansia ini akan mulai menerima siswa baru pada Juni 2021.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di Langkat,” kata Gubsu.

Gubernur mengharapkan, dengan adanya sekolah baru ini, dapat lahir sumber daya manusia (SDM) yang potensial dalam membangun daerah. Karena menurutnya, daerah tidak akan maju jika tidak didukung dengan SDM berkualitas, yang lahir dari pendidikan berkualitas juga.

“Mustahil daerah akan maju jika anak-anak kita tidak mendapat pendidikan yang berkualitas,” kata Gubernur didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar.

SMK Plus Agribisnis

Saat ini di Kabupaten Langkat terdapat 8 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Gubernur mempertimbangkan SMK Negeri 1 Pematang Jaya untuk dibuat menjadi SMK Plus.

“Keluar dari sini orang (siswa) itu sudah bisa langsung dipakai ilmunya apakah pertanian, perkebunan atau peternakan,” katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Stabat Dinas Pendidikan Sumut Ichsanul Arifin mengatakan, SMK Negeri 1 Pematang Jaya memiliki 2 jurusan, yakni Jurusan Agrobisnis Tanaman Perkebunan dan Agrobisnis Ruminansia (ternak hewan pedaging). Kedua jurusan tersebut dipilih lantaran sesuai dengan potensi wilayah Langkat, khususnya Pematang Jaya. “Penerimaan siswa baru mulai Juni 2021,” tukasnya.(efri surbakti)