Ketua DPRD Sumut Gelar Bakti Sosial untuk Warga Terdampak Erupsi Sinabung

Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting menggelar bakti sosial berupa pemberian masker dan pemeriksaan gratis di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Minggu (07/03/2021).
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting menggelar bakti sosial berupa pemberian masker dan pemeriksaan gratis di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Minggu (07/03/2021).

KARO, kaldera.id- Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting menggelar bakti sosial berupa pemberian masker dan pemeriksaan gratis di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Minggu (07/03/2021).

Pelaksanaan bakti sosial itu bagian dari kegiatan Baguna (Badan Penanggulangan Bencana ) PDIP Sumut yang diketuai oleh Baskami Ginting bekerjasama dengan Taruna Merah Putih  (TMP).

Baskami juga meminta warga di wilayah Kabupaten Karo untuk tetap waspada terkait erupsi Gunung Sinabung. “Tetaplah memakai masker baik saat beraktifitas di lingkungan tempat tinggal maupun berada di lingkungan luar. Selain juga saat ini kita masih menghadapi ancaman pandemi Covid-19 sehingga wajiblah penggunaan masker kemana saja kita beraktifitas,’’ ujar Baskami.

Baskami kemudian mengingatkan potensi bahaya yakni erupsi eksplosif masih berpotensi terjadi. Namun, menurutnya ancamannya hingga saat ini masih berada pada radius rekomendasi pada Level III (Siaga).

Baskami juga meminta masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa- desa yang sudah direlokasi yaitu di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 4 kilometer untuk sektor Timur – Utara, dan jarak 5 kilometer untuk sektor Selatan-timur Gunung Sinabung.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah demi mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Serta, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkas Baskami.

Hadir dalam kegiatan itu yang juga digelar di Kuta Buluh, Ketua TMP Sumut Brilian Moktar, Ketua DPRD Karo yang juga Bendahara DPC PDI P Karo Iriani Tarigan, anggota DPRD Karo Lusia Sukatendel serta pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut, Meinarty Bangun. (finta rahyuni)