Reses Ke Tapsel Gus Irawan Ingatkan Pemda Buat Terobosan

Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu didampingi Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan reses ke Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Minggu (7/3/2021) sore.
Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu didampingi Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan reses ke Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Minggu (7/3/2021) sore.

TAPSEL, kaldera.id- Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu didampingi Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan reses ke Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Minggu (7/3/2021) sore.

Gus Irawan menyebut, kunjungan kali ini, bukan hanya sekedar reses, melainkan melepas rindu yang kian mendalam terhadap masyarakat Tapsel.
Dalam sambutannya, anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan, di masa Pandemi Covid-19 kondisi keuangan kita saat ini sangat sulit. Begitu juga dengan ekonomi dunia saat ini sedang resesi. Makanya, saat penyusunan APBD, sudah berkurang anggaran yang dikucurkan.

“Di Kabupaten Tapsel APBD juga dikurangi padahal sudah diketok palu oleh Ketua DPRD. Setelah disahkan, datang lagi surat dari Menteri Keuangan RI, recofusing anggaran (untuk penanganan Covid-19), dipotong lagi,” ujar Gus Irawan.

Jadi, lanjutnya, kondisi keuangan dimasa kepemimpinan Bupati Tapsel hari ini, tentu berbeda dengan sebelumnya. Pasti sangat berkurang alokasi anggaran baik di bidang infrastruktur dan kesejahteraan pegawai Pemkab Tapsel. Maka dari itu, pemimpin di Tapsel saat ini butuh terobosan-terobosan dan komunikasi ke pemerintah provinsi maupun pusat.

Kemudian, Gus Irawan Pasaribu yang juga Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut menyebut, jika dilihat dari sisi pendapatan anggaran negara, saat ini berkurang. Tapi, jika dilihat dari pengeluaran saat ini, sangat banyak dan melampaui target untuk Covid-19 maupun penanggulangan dampaknya di masyarakat. Maka dari itu, tahun lalu lebih dari seribu triliun rupiah bertambah hutang negara.

Untuk itu, ditengah situasi sulit seperti ini, kepala daerah harus membentuk program yang langsung menyentuh terhadap kebutuhan masyarakat. Diharap, dengan demikian masyarakat bisa tingkatkan kemampuannya dan berujung pada bertambahnya kesejahteraan.(finta rahyuni)

Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu didampingi Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan reses ke Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Minggu (7/3/2021) sore. Gus Irawan menyebut, kunjungan kali ini, bukan hanya sekasar reses, melainkan melepas rindu yang kian mendalam terhadap masyarakat Tapsel.