HKTI Sumut Terus Kampanyekan Ketahanan Pangan

Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Sumut Gus Irawan Pasaribu
Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Sumut Gus Irawan Pasaribu

TAPSEL, kaldera.id- Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Sumut Gus Irawan Pasaribu menyatakan mereka kini terus mengkampanyekan upaya ketahanan pangan.
Saat ini, kata dia, HKTI di Kabupaten Langkat telah keluarkan pilot project yang meraih kesuksesan luar biasa.

“Maka kami (HKTI) semakin getol dimasa pandemi ini, sektor pangan jadi prioritas. Maka kami membuat suatu program : Petani Mandiri. Intinya kami membantu petani dari hulu ke hilir,” katanya saat reset di Tapanuli Selatan Minggu (7/3/2021)

Di hulu, pihaknya membantu masalah permodalan. Sebab sering kali di kala hasil pertanian tidak bagus, maka terjadi kekurangan modal. Program ini, juga telah dimulai di Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel. Sudah mulai menyentuh sektor padi dan kopi. Di Kecamatan Arse, kopinya terkenal sangat bagus dan bisa dicoba program permodalannya.

Di hilir nanti, pihaknya mencoba lakukan pendampingan agar petani bisa belajar cara bertani dan memupuk yang benar sehingga hasilnya bisa meningkat. Dan setelah panen, ada Bulog yang akan menampung hasil para petani. Terakhir, para petani akan mendapatkan asuransi yang mana merupakan bidangnya Gus Irawan di DPR RI.

Sementara itu, Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, mengakui bahwa, di Kecamatan Arse, masih sangat perlu disentuh pembangunannya. Bahkan, dia mengaku, selain 15 kecamatan di Tapsel, Arse masuk dalam skala prioritas dalam program pembangunan. Dan dengan adanya anggota dewan baik dari daerah, provinsi, maupun pusat yang mewakili masyarakat dapat mempercepat akselerasi pembangunan Tapsel.

Bupati pada kesempatan itu, turut bercerita tentang Yayasan Hasan Pinayungan. Yang mana, (Alm) Hasan Pinayungan adalah orangtua dari Gus Irawan Pasaribu serta mantan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu. Pesan yang selalu diingat Dolly dari (Alm) Hasan Pinayungan adalah kekompakan dan berlomba dalam kebaikan. Sehingga Yayasan Hasan Pinayungan bergerak di bidang sosial, keagamaan, dan masyarakat.

“Untuk itu, kami sangat berterima kasih dengan Bapak Ibu semua, hari ini kita (Yayasan Hasan Pinayungan) memberikan bantuan (sembako) dalam rangka kebersamaan kami dengan masyarakat saat menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Dolly yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Hasan Pinayungan itu.(finta rahyuni)