OK Alamsyah Terpilih Sebagai Ketua KPOTI Deliserdang

Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) melaksanakan Musyawarah Cabang pembentukan kepengurusan KPOTI Deliserdang.
Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) melaksanakan Musyawarah Cabang pembentukan kepengurusan KPOTI Deliserdang.

LUBUKPAKAM, kaldera.id – Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) melaksanakan Musyawarah Cabang pembentukan kepengurusan KPOTI Deliserdang. Sebagai wujud pemajuan kebudayaan, perhelatan yang dilaksanakan Sabtu (4/9/2021) itu dihelat di Aula Museum Daerah Kabupaten Deliserdang.

Hadir dalam muscab itu Ketua Umum KPOTI Sumut Agustin Sastrawan, Sekretaris Umum KPOTI Sumut Fahri Anantha Pane, Mandataris KPOTI Deliserdang OK Alamsyah, Kadisporabudpar Deliserdang H Khorum Rijal ST MAP dan Ketua MKDS Aan Degianto Prayogi S.Psi.

Kemudian tampak pula Kepala Bidang Olahraga Disporabudpar Deliserdang Budi Priatma, Kabid Kebudayaan Afri Deliansyah Nasution, Kades Pasar Miring, Kades Rantau Panjang serta Kades Sekip Lubukpakam.

Dukungan terhadap KPOTI

Kadisporabudpar Khairum Rijal yang membuka muscab itu menegaskan dukungannya terhadap KPOTI.

“Saya berharap KPOTI Kabupaten Deliserdang dapat mengharumkan dan serius dalam menggali budaya lokal serta pembudayaan olahraga tradisional di Kabupaten Deliserdang,” kata Khairum.

Dia berharap musyawarah ini bisa menentukan ketua yang bertanggungjawab dan memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan dan menggerakkan organisasi.

“Serta guyub sehingga masyarakat merasakan manfaat dari hadirnya KPOTI di Deliserdang,” harapnya.

Sementara itu Mandataris KPOTI Deliserdang Ok Alamsyah Putra, mengatakan, musyawarah ini diselenggarakan untuk membentuk KPOTI Kabupaten Deliserdang dengan tujuan menggali, membumikan, membina dan melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional.

“Tentu kita harus mampu menggali, membumikan, membina dan melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional di kabupaten yang kita cintai ini,” kata OK Alamsyah.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap KPOTI merupakan wadah penggalian, pembinaan dan pengembangan serta peningkatan kualitas masyarakat Sumatera Utara melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional.

Oleh karenanya, KPOTI Sumut telah membentuk Pangkalan Olahraga Tradisional (Pangkotrad) di Deliserdang sebagai jawaban terwujudnya masyarakat yang cinta budaya dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

“Pangkotrad sebagai benteng pertahanan budaya merupakan program prioritas KPOTI Sumut dalam mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal di Provinsi Sumatera Utara. KPOTI Kabupaten Deliserdang juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas daya saing melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional,” sebut Agustin Sastrawan Harahap

Dalam musyawarah, terpilih OK Alamsyah sebagai Ketua KPOTI Kabupaten Deliserdang. Tokoh muda itu diamanahkan membentuk kepengurusan dalam waktu yang telah ditentukan organisasi.(rel)