Berhasil Ciptakan Telinga Sehat di Langkat, Bupati Terima Penghargaan Darii Komnas PGPKT

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA (baju kuning) bersama dengan Sekdakab Langka, Indra Salahudin berfoto disela sela pemberian penghargaan kerjasama dari WHO
Bupati Langkat, Terbit Rencana PA (baju kuning) bersama dengan Sekdakab Langka, Indra Salahudin berfoto disela sela pemberian penghargaan kerjasama dari WHO

LANGKAT, kaldera.id – Bupati Langkat, Terbit Rencana PA menerima penghargaan dari Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) pusat, program kerjasama Kemenkes dan WHO,.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi berhasil menciptakan telinga sehat di Langkat. Penghargaan diserahkan langsung Ketua Komda PGPKT Langkat, Agus Salim saat kegiatan bedah rumah serta pelepasan tour sedekah Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) di Dusun VII Desa Paya Rengas Kecamatan Hinai, Langkat, Sabtu (02/10/2021).

Setelah menerima penghargaan, Bupati Langkat bersama Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Aset dan SDAH Sumut, Agus Tripriyono secara simbolis melepas mobil tour sedekah Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) dan menyerahkan bansos beras kepada 30 anak yatim.

Penyerahan juga didampingi Sekdakab Langkat, Indra Salahuddin dan Ketua KSJ Langkat, M. Nawawi.

Selanjutnya, bupati bersama Agus Tripriyono menyerahkan kunci rumah dan melakukan pengguntingan pita rumah kaum dhuafa yang telah dibedah oleh KSJ Langkat milik Sulaiman dan istrinya Khairunnisa yang merupakan warga setempat.

Dikesempatan itu, bupati mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi KSJ Langkat. Ia berharap KSJ terus istiqomah melakukan giat sosial meringankan beban kaum dhuafa dan anak yatim di Langkat.

“Teruslah menolong. Insya Allah menjadi amal zariah yang memberikan syafaat diakhirat,” doa Bupati sembari memberikan selamat kepada Sulaiman serta mendoakan rumah yang sudah dibedah memberikan keberkahan bagi keluarga untuk semakin dekat dengan Allah SWT.

Sementara, Ketua KSJ Langkat, M Nawawi menyampaikan, KSJ hadir untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban kehidupan kaum dhuafa dan anak yatim melalui program sedekah bedah rumah bagi kaum dhuafa. Kali ini yang dibedah rumah milik Sulaiman yang berukuran 6×6 meter, dengan total biaya Rp21.500.000.

“Pengerjaannya memakan waktu selama 14 hari. Biaya bersumber dari donasi para donatur KSJ Langkat dan donatur lainnya. Selain bedah rumah, program KSJ sedekah nasih bungkus dan pembagian sembako gratis,” ungkap Nawawi yang juga selalu Camat Hinai.

Dikesempatan itu, bupati bersama lainnya juga meninjau rumah kreatif Mak Saida yang memperkenalkan produk binaan KSJ Langkat. Berupa sabun cuci piring, super pel pembersih lantai, sabun cuci tangan. Hasil penjualan produknya disedekahkan untuk kaum dhuafa.

Turut hadir Plt.Asisten I Tata Pemerintahan, Basrah Pardomuan, Forkopimca Hinai, dan lainnya.

Di tempat terpisah, Wabup Langkat, Syah Afandin mewakili bupati menghadiri kegiatan bakti sosial Batalyon 8 Marinir, Lantamal 1 Belawan dan RSUP Adam Malik di Lapangan Sepakat Bola Batalyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan, Pangkalan Brandan, Langkat, Sabtu (2/10/2021).

Giat ini sebagai rangkaian peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke 76 dan HUT RSUP H. Adam Malik Medan.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pemberian santunan anak yatim di desa binaan dan Panti Asuhan Darrul Yatama Pelawi. Serbu vaksin 1100 dosis, sunatan massal, donor darah, dan pengobatan gratis kepada keluarga besar Yonif 8 Mar dan masyarakat desa binaan.

Selanjutnya, Wabup bersama Danyonif 8 Mar Letkol Farick, Dirut RSUD H. Adam Malik, Zainal Safri, Aggota DPRD Langkat, Donny Setha dan Asisten II Ekbang, Hermansyah melakukan, tour facility kesatrian Yonif 8 Marinir, peninjauan ke lahan ketahanan pangan “KAMPUNG GALA RIMBA” . Pelepasan bibit ikan nila 5000 ekor di KAMPUNG IKAN GALA RIMBA. Serta peninjauan serbuan v aksin di Pos TNI AL Pangkalan Susu.

Dikesempatan itu, wabup mengucapkan selamat HUT dan berterimakasih kepada Yonif 8 Marinir telah menggelar bakti sosial yang bermanfaat bagi masyarakat Langkat. “Kepada RSUD Adam Malik, juga kami ucapan selamat HUT dan terimakasih atas bakti sosialnya,” sebut Wabup. (efri)