Bagikan Gerobok Kuliner, PT Inalum Kejar Pemulihan Ekonomi di Batubara

Bupati Batubara, Zahir didampingi Ketua TP PKK Batubara berbincang dengan perwakilan PT Inalum
Bupati Batubara, Zahir didampingi Ketua TP PKK Batubara berbincang dengan perwakilan PT Inalum

BATUBARA, kaldera.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Inalum menyerahkan bantuan 10 unit gerobak kuliner kepada pelaku UMKM di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara dan Perumahan Tanjung Gading Inalum Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, beberapa hari lalu.

Bantuan ini merupakan wujud komitmen Inalum dalam mempercepat pemulihan ekonomi sektor UMKM di Batubara.

Bupati Batubara, Zahir menyebutkan, program kolaborasi dengan Inalum merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengemas dan mengembangkan bisnis UMKM. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan memberikan kebaikan untuk masyarakat di Batubara.

“Dimasa pandemi atau pasca pandemi ini pemerintah harus memikirkan bagaimana para pelaku UKM dan IKM bisa lebih banyak muncul. Kemudian lebih berkualitas. Sehingga perlu diberikan alat-alat untuk mendukung program UKM dan IKM tersebut. Kami telah menganggarkan melalui APBD kabupaten dan ditambah dengan Inalum juga mempersiapkan alat-alat berupa gerobak untuk bakso dan yang lainnya. Kami juga melakukan peningkatan dan pemulihan ekonomi di masjid melalui remaja masjid. Melalui organisasi BKPRMI. Sehingga nanti masyarakat banyak memiliki usaha UKM,” ujar Zahir.

Senior Vice President CSR & PKBL Inalum, Ismail Midi mengungkapkan, bahwa selaras dengan tema CSR pada tahun ini yaitu “Bangkit dengan Pandemi” dan target utama CSR Inalum di 2022 adalah meningkatkan taraf pembangunan manusia yang di dalamnya terdapat 3 komponen.

Dia berharap, melalui program ini bisa mendukung dan mendorong masyarakat yang ada di Batubara, tidak hanya sejahtera, tapi juga mandiri. Mampu meningkatkan/memajukan para UMKM. Sehingga perekonomian masyarakat di kabupaten ini bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Mudah-mudahan tujuan program ini dapat tercapai dan bagi para UMKM juga. Kami ada bantuan dana usaha. Apabila terbentur di modal usaha bisa menghubungi kami,” pungkasnya.

Nurhayati sebagai salah satu penerima manfaat yang juga merupakan Pelaku UMKM di Batubara merasa sangat terbantu dengan pemberian peralatan produksi serta gerobak kuliner yang diberikan Inalum. Dia berharap melalui bantuan ini dapat memperbaiki perekonomian yang sempat menurun di masa pandemi.(reza)