Sebanyak 625 Orang Mendaftar di Pilkades Langkat, Panitia Harus Netral & Paham Aturan

Sekdakab Langkat, Indra Salahudin(baju putih) saat memimpin rakor Pilkades serentak
Sekdakab Langkat, Indra Salahudin(baju putih) saat memimpin rakor Pilkades serentak

 

LANGKAT, kaldera.id – Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Langkat, Sutrisuanto mengungkapkan, sebanyak 625 orang telah mendaftar sebagai calon kepala 167 desa yang ada di Kabupaten Langkat.

Jumlah tersebut dengan rincian, incunmbent 73 orang, perangkat desa 44 orang, dari BPD sebanyak 35 orang dan calon berasal dari usulan masyarakat sebanyak 473 orang.

“Para pendaftar ini telah mengikuti serangkaian tahapan seleksi yakni, wawancara, tes tertulis, kemampuan dasar. Selanjutnya akan dilakukan penyerahan hasil kepada panitia desa, penetapan dan pengumuman nama calon,” katanya saat Rapat Koordinasi Panitia Pemilihan Pilkades serentak 2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (20/4/2022).

Sutris menambahkan, selanjutnya akan dilakukan penyusunan daftar pemilih, penyampaian visi dan misi dan kampanye secara tertutup. “Setelah tahapan dilakukan maka masuk masa tenang, pencoblosan dan selanjutnya pelantikan kades terpilih,” tambahnya.

BACA JUGA :  Syah Afandin Titip Tiga Pesan Kepada Calon Jamaah Haji Asal Langkat

Sementara itu, Plt Bupati Langkat, Syah Afandin melalui Sekdakab Langkat, Indra Salahudin saat memimpin rapat berharap hasil penjaringan melalui pemilihan kades serentak sebagai pesta demokrasi di Langkat menghasilkan calon Kades yang terbaik. Mampu membangun desanya masing masing untuk mensejahterakan warga masyarakatnya.

Kepada penitia, dirinya mengimbau untuk adil dan benar melaksanakan amanah secara baik dan bijak. Dalam kesempatan itu dirinya mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 1.000 personel tenaga keamanan yang terdiri dari personel TNI, POlri dan Satpol PP.

“Untuk biaya pengamanan sebesar mencapai RpRp247.600.000. Para petugas keamanan ini bertugas mulai 20 April sampai pelantikan kades terpilih,” ungkap sekda.(reza)