Semarakkan HUT ke – 47, PT Inalum Gelar Operasi Katarak Gratis

0
190
Manajemen PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) persero menggelar operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Klinik PT Inalum Kantor PLTA Paritohan, beberapa hari lalu. Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT PT Inalum ke – 47, 6 Januari 2023 mendatang.
Manajemen PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) persero menggelar operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Klinik PT Inalum Kantor PLTA Paritohan, beberapa hari lalu. Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT PT Inalum ke – 47, 6 Januari 2023 mendatang.

 

PARITOHAN, kaldera.id – Manajemen PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) persero menggelar operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Klinik PT Inalum Kantor PLTA Paritohan, beberapa hari lalu. Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT PT Inalum ke – 47, 6 Januari 2023 mendatang.

Program ini merupakan bentuk kepedulian salah satu perusahaan BUMN itu kepada masyarakat sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Penerima program operasi katarak ini berasal dari kecamatan – kecamatan yang berada di sekitar PLTA PT Inalum.

Bahkan, bagi peserta yang telah selesai operasi, diberikan kontrol pertama di klinik yang sama pada 28 November 2022. Sementara bagi peserta lainnya yang tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi katarak atas pertimbangan medis, akan di rujuk ke Rumah Sakit Mata 77 guna penanganan lebih lanjut.

Vice President CSR/PKBL PT Inalum, Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi menyampaikan, bahwa operasi katarak bagi masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian Inalum di bidang Kesehatan dalam suasana menyemarakkan HUT PT Inalum (Persero) ke – 47. “Kami sangat mengharapkan kegiatan ini akan memberikan manfaat dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,’ katanya.

Sementara itu, Deputy Sekretaris Perusahan PT Inalum, Mahyaruddin AR secara terpisah juga menjelaskan, pelayanan operasi katarak ini adalah salah satu program CSR di bidang Kesehatan bagi masyarakat di sekitar area operasi PLTA.

Selain itu, bagian dari rangkaian menyambut HUT ke-47 PT Inalum. “Program Operasi Katarak ini diadakan secara gratis untuk pasien yang mengalami gangguan penglihatan atau katarak yang berada di sekitar PLTA PT Inalum,” katanya.

Operasi Katarak bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata 77

Operasi Katarak ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata 77 beralamat di Jalan Sei Mencirim Medan. Penerima manfaat dari kegiatan ini berasal dari Kecamatan Parmaksian berjumlah 6 orang. Dari Kecamatan Aek Songsongan sebanyak 5 orang. Serta dari Kecamatan Pintu Pohan Meranti sebanyak 3 orang.

Dokter perusahaan PT Inalum, Muhammad Erwinsyah Putra mengungkapkan, metode operasi katarak yang digunakan adalah operasi katarak phacoemulsification yang merupakan metode operasi katarak yang paling canggih saat ini.

Dokter Rumah Sakit Mata 77 Medan, M. Rony menambahkan, operasi phacoemulsification tidak berdarah dan tanpa jahitan serta prosesnya sangat cepat sekitar 15 menit per mata. (red)