Syah Afandin Tegaskan Kemajuan Langkat di Masa Depan Ada di Tangan Generasi Muda

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat memberikan paparan dalam seminar pendidikan
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat memberikan paparan dalam seminar pendidikan

 

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menghadiri Seminar Pendidikan dan Pemaparan Mahasiswa, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Sabtu 2 Desember 2023.

Seminar ini mengangkat tema ” Ngobrol Pintar Era Milenial”. Selain Plt Bupati Langkat, kegiatan diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa se- Kabupaten Langkat. Sedangkan menjadi narasumber menghadirkan, Anggpta Komisi X DPR, Djohar Arifin Husin dan Inisator Kampung Beasiswa Sumatera Utara, Agung Kurniawan.

Laporan Ketua panitia Seminar Pendidikan dan Pemaparan Mahasiswa, Tata putra menyampaikan, pihaknya ingin mengajak semua pihak untuk lanjut kuliah baik S1, S2 yang nantinya akan memberikan informasi tentang bagaimana beasiswa. Sehingga semua bisa melanjutkan ke jenjang S1, S2 bahkan S3 dengan gratis.

Sedangkan Djohar Arifin Husin dalam paparannya mengatakan, Langkat sudah menjadi kota pendidikan sejak 1890. Hal itu ditandai dengan berdirinya perguruan tinggi menjadi pusat pendidikan di Indonesia jauh sebelum merdeka.

“Saya ingin orang Langkat menjadi hebat melalui sekolah. Program beasiswa pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi sudah tersedia. Sebanyak 25 ribu kuota dari SD sampai perguruan tinggi beasiswa untuk Kabupaten Langkat setiap tahun saya usulkan,” ucapnya.

Untuk S1 ada KIP mahasiswa untuk 8 semester uang kuliah ditanggung negara. Mereka juga mendapat uang saku tiap bulannya. Lalu Untuk S2 uang kuliah selama 4 semester dan dapat uang saku sebesar Rp1. 7 juta perbulan dan Untuk S3 uang kuliah sampai tamat dan mendapat uang saku sebesar Rp5,7 juta per bulan.

 

“Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya. Jangan pikirin ekonomi orang tua. Rubah pola pikir kalian. Kalian harus sukses, kalian harus maju. Kunci untuk sukses itu ada dua. Pertama kompak sama Allah SWT. Kedua, hormati orang tua kalian,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Langkat, Syah Afandin menegaskan, di tangan para pelajar dan mahasiswalah masa depan Kabupaten Langkat. Dalam paparannya, Syah Afandin menjelaskan, pihaknya membuat program 1 desa 5 sarjana.

Kabupaten Langkat sendiri terdiri dari 270 desa dan kelurahan. Ini dipersiapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia Kabupaten Langkat. Sehingga kedepannya bisa bersaing dalam dunia kerja.

“Doakan semoga ini bisa cepat terselesaikan dan dapat kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Dirinya pun berharap untuk bersama sama membenahi Langkat. Sebab, generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Dirinya yakin para mahasiswa dan pelajar bisa maju dan sukses dengan beasiswa yang disediakan.

“Terima kasih banyak telah melaksanakan acara sehabat ini. Semoga acara ini di rridhoi Allah SWT,” harapnya. (reza)