Personel Polres Simalungun Sigap Bergerak Atasi Bencana Banjir Bandang di Binanga Bolon

Bencana banjir bandang menerjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun sekitar Pukul 17.00 WIB, Rabu (20/12/2023).
Bencana banjir bandang menerjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun sekitar Pukul 17.00 WIB, Rabu (20/12/2023).

 

SIMALUNGUN, kaldera.id – Bencana banjir bandang menerjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun sekitar Pukul 17.00 WIB, Rabu (20/12/2023).

Bencana banjir tersebut akibat jebolnya bendungan air di Sitalasari, Kelurahan Tigarunggu.

Tim Kepolisian Sektor Purba Resor Simalungun yang dipimpin Kapolsek AKP Marolop Sinaga turun ke lokasi sekitar pukul 20.00 WIB untuk melakukan pengecekan dan verifikasi kejadian.

Mereka menemukan bahwa banjir bandang telah membawa material batu, tanah, kayu, dan lumpur. Akibatnya menghanyutkan dua rumah semi permanen milik Joel Haloho dan Ramatio Sitio, serta merusak sekitar 20 makam pribadi dan ternak milik warga.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung melalui Kapolsek Purba AKP Marolop mengatakan, “Saya mewakili Polres Simalungun menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Dusun 2 Binanga Bolon,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Kapolres Simalungun telah memerintahkan personel Polsek Purba bersama dengan Polres Simalungun serta Tim Satgas Penangan Bencana Alam untuk segera dan sigap bergerak untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan pertama yang di butuhkan oleh warga.

“Kami telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut. Kami juga akan mempersiapkan posko untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang terdampak tetap menjadi fokus prioritas kami,” katanya.

Lebih lanjut AKP Marolop Sinaga menambahkan, pihaknya memahami dampak yang terjadi sangat besar dan tugas mereka adalah memastikan bahwa masyarakat tetap dalam situasi yang aman. Proses evakuasi dan pembersihan material yang menutup jalan dan penanganan darurat juga terus dilakukan hingga situasi kembali kondusif.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan. “Kami minta warga sekitar tetap waspada dan dapat mengikuti arahan dari petugas yang ada di lapangan serta bekerjasama dalam menjaga kekondusifan. Mari kita tunjukkan solidaritas kita dalam menghadapi bencana ini,” tutur AKP Marolop Sinaga.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung upaya penanganan banjir bandang dari awal hingga proses evakuasi. “Kerjasama dan koordinasi yang baik antar instansi terkait dan masyarakat sangat kita apresiasi. Saya yakin, dengan bahu-membahu kita dapat melewati kejadian ini,” pungkasnya.

Saat ini jalan umum yang menghubungkan Kecamatan Haranggaol dengan Tigaras, Kecamatan Pematang Sidamanik dalam kondisi terputus total akibat material banjir bandang yang masih berada di jalan dan aliran air yang persisten.

Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga juga telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana pada pukul 21.30 WIB. Untuk sementara, warga yang terdampak, berjumlah 28 kepala keluarga telah mengungsi di Rumah Pangulu Nagori Purba Pasir.

Kegiatan penanggulangan bencana akan dilaksanakan pada Kamis 21 Desember 2023 oleh dinas BPBD Kabupaten Simalungun, Damkar, TNI, dan unsur Polri. Rencana tindak lanjut termasuk pembersihan material banjir, pendataan kerugian material, dan penyusunan laporan perkembangan situasi.

Saat ini, situasi warga dalam keadaan sehat walafiat, tanpa adanya korban jiwa atau luka. Tim dari Koramil 13 PB dengan 5 personel Bhabinsa juga memberikan dukungan dalam penanganan bencana ini.(red)